Biografi Michael Faraday - Penemu Induksi Elektromagnetik

Biografi Michael Faraday (1791-1867) - Michael Faraday adalah ahli kimia dan fisika Inggris, penemu induksi elektromagnetik, hukum Faraday (1834), efek faraday (1845), generator atau dynamo (1831), prinsip motor listrik (1821), benzene (1825). Faraday adalah ahli eksperimen terbesar didunia, ahli teori yang cemerlang, penemu elektrokimia dan teori medan klasik, menciptakan suhu di laboratorium sampai dibawah nol skala Fahrenheit, pengarang, guru besar, direktur Royal Institution. Dialah orang pertama yang menggunakan istilah elektrolisis, elektrolit, elektroda, anoda, katoda, ion, ionisasi, anion dan kation.

Biografi Lengkap Penemu Induksi Elektromagnetik, Michael Faraday

Faraday lahir di Newington Butts, sekarang bagian kota London, pada tanggal 22 September 1791. Ayahnya tukang besi yang sangat miskin yang beranak 10 orang. Akibatnya ia tidak dapat menyekolahkan
anak-anaknya, termaksuk Faraday. Faraday hanya duduk dibangku SD selama beberapa bulan. Tapi ayah dan ibu Faraday sangat taat kepada agama dan sangat sederhana hidupnya. Hal ini menyebabkan Faraday jadi orang yang sederhana dan taat kepada agama pula. Sebagian besar teori medannya dipengaruhi keyakinan bahwa alam semesta diatur oleh Tuhan hingga merupakan kesatuan yang harmonis. Jiwa Faraday begitu sederhana hingga tidak mau diangkat jadi bangsawan dan Presiden Royal Society, lembaga ilmu tertinggi di Inggris.

Pada tahun  1805 pada umur 14 tahun , ia bekerja pada tukang jilid buku yang merangkap jadi penjual buku. Ia bekerja disitu selama  8 tahun. Hal ini menyebabkan ia mendapat kesempatan  membaca segala macam buku, terutama buku IPA. Untunglah majikan Faraday tahu bakat Faraday. Pada tahun  1812 Faraday diizinkan  mendengarkan ceramah Humphry Davy, ahli kimia Inggris, kepala labolatorium Royal Institution. Ceramah itu sangat menarik hati Faraday. Selama ceramah ia membuat catatan dengan teliti. Sehabis ceramah ia menulis kembali  dengan rapi apa yang didengarnya.  Kemudian  berkas catatan itu dikirimnya kepada  Humphry Davy.  Mula-mula ia bekerja sebagai pencuci botol. Tapi akhirnya ia jadi lebih  masyhur daripada Humphry Davy. Faraday beristri. Perkawinannya bahagia meskipun tak dikaruniai anak.

Comments

Popular posts from this blog

Profil Vitalia Sesha Model Di Kasus Suap Daging Impor - Tercanggih

Profile dan biodata Angkasa Band

Talent Pilihan SlideGossip : Andrean Saputra