Biografi Euclides - Penyusun Buku Terbesar Sepanjang Abad ...

http://3.bp.blogspot.com/-TI2fMGfma8o/UZ340Q8SSRI/AAAAAAAAAdU/iggGEuR3Ogk/s320/Biografi+Euclides+-+Penyusun+Buku+Terbesar+Sepanjang+Abad.jpg


Biografi Euclides - Penyusun Buku Terbesar Sepanjang Abad (lebih kurang 300 SM) - Euclides adalah ahli matematika Yunani, guru, penyusun buku pelajaran yang terbesar sepanjang abad. Bukunya yang berjudul Stoicheia (Unsur) tentang geometri (ilmu ukur) jadi buku pelajaran yang dipakai di Sekolah Menengah di seluruh dunia selama 20 abad lebih. Buku itu terdiri dari 13 Jilid. Jilid I tentang konstruksi sederhana ilmu ukur sampai dalil phythagoras. Jilid II tentang aljabar yang dikonstruksikan secara ilmu ukur. Jilid III dan IV tentang lingkaran. Jilid V-VI tentang perbandingan sampai deret ukur. Jilid VIII dan IX tentang teori bilangan. Jilid X tentang perbandingan lagi. Jilid XI-XIII tentang ilmu ukur ruang. Ia juga mengarang buku-buku lain yang berjudul Data, Phaenomena, Optika, Unsur Musik, Pembagian Bentuk, Porisme (3 jilid), Pseudoria, Katoptrika, Irisan Kerucut (4 jilid). Tapi buku-buku tersebut sudah musnah. Kita tahu dari laporan orang lain, misalnya laporan Proclus, ahli filsafat Yunani, yang menulis tentang Euclides kira-kira 700 tahun sesudah Euclides meninggal. Kapan dan dimana Euclides lahir tak ada satu orang yang tahu, kapan dan diman Euclides meninggal juga tak ada orang yang tahu. Meskipun demikian dibidang geometri Euclides adalah orang yang paling berpengaruh didunia. Maka tak mengherankan kalau ia sering mendapat julukan bapak geometri.





Yang jelas ia hidup pada zaman Ptolemaeus I (305-285 Sm), raja Mesir bekas jenderal kesayangan Alexander Agung. Ptolemause I membuat kota Alexandria jadi ibukota, jadi pusat perdagangan dan pusat ilmu pengetahuan. Ptolemaeus I juga membuat perpustakaan yang terbesar didunia pada zaman itu. Perpustakaan itu menyimpan 700.000 gulung naskah kuno. Euclides adalah orang pertama didunia yang mendirikan sekolah matematika di Alexandria.

Menurut Proclus pada suatu hari Ptolemaeus I ingin sekali belajar geometri dari Euclides. Ia mengundang Euclides ke istananya dan mulai mendengarkan pelajaran geometri dari Euclides. Tapi kemudian Ptolemaeus merasa bahwa geometri terlalu sulit dan terlalu lama untuk dimengerti. Maka ia minta agar pelajaran dipercepat. Euclides menjawab, “Bagi raja pun tak ada jalan pintas ke geometri”!







Source http://www.biografi-tokoh.com/2013/06/biografi-euclides-penyusun-buku.html

Comments

Popular posts from this blog

Zackia Arfan Presenter Cantik MetroTV

Daftar Contact Artis 2014