Aktor Senior Kaharuddin Syah Meninggal Dunia

Kabut duka kembali menaungi dunia hiburan Indonesia. Aktor senior Kaharuddin Syah telah meninggal dunia pada hari Senin sore, tanggal 12 Maret 2012 di Jakarta pada jam 5 sore. Kaharuddin Sjah wafat dalam usianya yang ke-69 tahun.
Kaharuddin Sjah dinyatakan meninggal dunia setelah dirawat di Rumah Sakit Pertamina Pusat (RSPP) Jakarta Selatan pada Senin petang tadi. "Benar. Beliau meninggal di Rumah Sakit Pertamina Pusat (Jakarta), sekitar pukul 17.00," jelas Nelfita yang merupakan keponakan almarhum seperti dikutip dari kompas.com.
Lebih lanjut, Nelfita menjelaskan bahwa jenazah Kaharuddin Sjah akan disemayamkan di Jalan Kamboja Nomor 2, Radio Dalam, Jakarta Selatan.

Sekilas Profil Kaharuddin Syah :
Aktor Kaharuddin Sjah lahir di Tebing Tinggi, Sumatera Utara, pada tanggal 3 April 1942. Semasa hidupnya, Kaharuddin banyak mewarnai industri film Indonesia pada era 1970 hingga 1980-an.
Sejumlah film layar lebar telah dibintangi oleh Kaharuddin Sjah. Jumlahnya tak kurang dari 30 judul film. Di film pertamanya yang berjudul 'Kehormatan' pada tahun 1974, ia hanya tampil sebagai figuran. Tercatat oleh Wikipedia, pada tahun 1977 Kaharuddin Sjah bermain dalam film berjudul 'Letnan Harahap', yang disutradarai oleh Sophan Sophiaan, yang juga telah tiada.
Berkat aktingnya yang berperan bagus sebagai Letnan Harahap, polisi yang jujur, tekun, dan sederhana, ia meraih piala Citra untuk kategori Pemeran Utama Pria Terbaik dalam Festival Film Indonesia 1978 di Ujung Pandang, Sulawesi Selatan.
Film-film Kaharuddin Syah yang lain dan terkenal antara lain, 'Janur Kuning' (1979), 'Guruku Cantik Sekali' (1979), 'Naga Bonar' (1986), dan 'Catatan Si Boy' (1987).
Pada tahun 1990, Kaharuddin Sjah yang masuk Angkatan Laut Republik Indonesia pada 1961, pensiun. Pada era 2000-an, ia main dalam film-film berjudul 'Ruang' (2006), 'Dunia Mereka' (2006), dan 'Dalam Mihrab Cinta' (2010). Kini Kaharuddin Sjah telah tiada. Selamat jalan dan semoga amal ibadah beliau diterima disisi-Nya.
(Op)

Comments

Popular posts from this blog

Profil Vitalia Sesha Model Di Kasus Suap Daging Impor - Tercanggih

Profile dan biodata Angkasa Band

Talent Pilihan SlideGossip : Andrean Saputra