0 Responses to bBiografi/b Karl Friedrich Benz - Pendiri Mercedes Benz

Biografi Karl Friedrich Benz (1884-1929) -  Benz adalah orang pertama di dunia yang membuat mobil. Ia dilahirkan di Karlsruhe, Jerman Barat, pada tanggal 25 November 1844 dan meninggal di Ladenburg, dekat Mannheim, Jerman. Pada tanggal 4 April 1929 pada umur 85 tahun. Ayahnya ahli mesin lok kereta api dan meninggal ketika Benz baru berumur 2 tahun. Benz kuliah di Universitas Teknologi di Karlsruhe. Sungguh sayang bahwa hampir semua ensiklopedi yang ada tidak menceritakan masa kecilnya.

Biografi Lengkap Karl Friedrich Benz - Pendiri Mercedes Benz

Sesudah mendapat gelar insinyur mesin, Benz mendirikan (1817) bengkel di Mannheim. Enam tahun kemudian (1877) pada umur 33 tahun ia membuat mesin dua langkah berpembakaran dalam bahan bakar bensin. Ia yakin bahwa mesin ini akan menggantikan kuda dan akan menyebabkan timbulnya sarana angkutan baru. Selama 8 tahun ia berusaha kerja untuk menciptakan kereta tanpa kuda meskipun banyak kesulitan yang harus dihadapinya. Kesulitan yang terbesar adalah biaya karena ia insiyur miskin. Kesulitan ini kemudian dapat diatasi. Sahabat-sahabatnya memberi bantuan keuangan tapi tidak memberikan bantuan moril kerena mereka menyaksikan kemampuan Benz .

Pada permulaan tahun 1885 pada umur 41 tahun, Benz berhasil menciptakan mobil yang pertama di dunia. Patennya ia peroleh pada tanggal 26 januari 1886. Mobil itu sudah dilengkapi persneling tapi hanya mencapai kecepatan 15 kilometer per jam. Tentu saja bentuk mobil Benz belum seperti bentuk mobil zaman sekarang. Bentuk mobil Benz mirip kereta untuk orang cacat di rumah sakit. Mobil itu beroda tiga, sangat ringan, bermesin dua langkah, satu silinder, berbahan bakar bensin. Kerangkanya terbuat dari pipa baja, rodanya mirip roda sepeda, beruji tapi bannya terbuat dari karet pejal. Tempat duduk hanya untuk satu orang. Kemudinya seperti tongkat. Mesin ditaruh di antara roda belakang dihubungkan rantai dengan poros.

Mobil itu digerakkan oleh mesin pembakaran dalam, dilengkapi dengan pengapian listrik dan air pendingin. Hampir saja penemuan Benz gagal karena Benz sangat miskin. Lebih-lebih lagi Max Rose yang membiayai percobaan Benz selalu menyangsikan hasilnya. Namun usaha Benz berhasil, semua gembira. Benz mengemudikan mobil pertama di dunia. Pembantu-pembantunya lari di sampingnya dan istrinya juga ikut berlari sambil bertepuk-tepuk. Mobil itu mengelilingi suatu tempat sampai empat kali. Larinya tidak begitu cepat dan akhirnya rantainya putus. Max Rose kecewa dan mengira mobil Benz sudah tamat riwayatnya.

Benz membuat mobil lagi dan memamerkannya di depan umum. Rupanya ia begitu bangga dan gembira ketika menjalankan mobilnya di depan orang banyak. Ia lupa mengemudikannya. Mobilnya menyelenong dan menabrak pagar tembok. Max rose kecewa lagi, tapi seperti kebanyakan para penemu, Benz tidak putus asa. Ia membuat beberapa mobil lagi yang selalu di perbaiki mutunya. Akhirnya pada tahun 1887 untuk pertama kalinya, Benz berhasil menjual mobilnya kepada Emile Rogers, penduduk kota Paris. Benz membuat beberapa mobil lagi. Pada tahun 1890 ia membuat mobil beroda empat. Enam tahun kemudian ia membuat mobil balap. Tentu saja banyak orang ingin membeli mobil Benz.

Mobil Benz laku keras, hingga menjelang tahun 1888 karyawannya berjumlah 50 orang. Pada waktu itu mobil Benz masih beroda tiga. Namun bengkel Benz makin besar dan makin sibuk. Bengkel itu lambat laun berubah jadi pabrik. Menjelang tahun 1900 pabrik Benz jai pabrik mobil terbesar di Eropa. Enam tahun kemudian (1906) pada umur 62 tahun Benz tidak memimpin pabriknya lagi. Pada tahun 1926 perusahaan Benz bekerja sama dengan perusahan Daimler (penemu sepeda motor) dan membuat mobil yang diberi nama Mercedes-Benz.

Comments

Popular posts from this blog

Profil Vitalia Sesha Model Di Kasus Suap Daging Impor - Tercanggih

Profile dan biodata Angkasa Band

Talent Pilihan SlideGossip : Andrean Saputra