Biografi William Cranch Bond - Ahli Astronomi Amerika

Biografi William Cranch Bond (1789-1859) - Bond adalah ahli astronomi Amerika Serikat. Anaknya bernama George Phillips Bond. Bersama anaknya, Bond menemukan gelang Saturnus yang terdalam dan Hiperion, satelit saturnus yang ke-8. William Cranch Bond lahir di Falmouth, Amerika Serikat, pada tanggal 9 September 1789 dan meninggal di Cambridge, Amerika Serikat, pada tanggal 29 Januaro 1859 pada umur 70 tahun.

Ia tidak lulus SD. Sejak kecil ia ikut tukang arloji. Ia suka belajar sendiri, gemar membaca, gemar membongkar arloji dan memasangnya kembali. Menjelang umur 15 tahun ia telah mampu membuat kronometer. Kronometer ditemukan oleh John Horrison, ahli jam Inggris, pada tahun 1735. Kronometer adalah jam yang dapat menunjukan waktu dengan cermat sekali, gunanya untuk menentukan posisi (tempat) kapal di laut. William Cranch Bond adalah orang Amerika Serikat yang pertama kali membuat kronometer.

Pada tahun 1806 ada gerhana matahari. Ia sangat terpesona melihat gerhana itu. Sejak saat itu ia tertarik pada benda-benda angkasa. Ia lalu mendirikan observatorium milik pribadi. Observatorium itu memiliki peralatan yang terbaik di Amerika Serikat. Sejak umur 22 tahun ia menemukan beberapa komet. Observatorimnya, penemuannya dan kegiatan mengamati bintang, menarik perhatian Harvard College. Pada umur 50 tahun ia mendapat tawaran untuk mendirikan dan mengawasi observatorium Harvard. Ia menerima tawaran itu. Ia segera membangun observatorium Harvard pada tahun 1843-1844. Meskipun ia tidak tamat SD, tapi karena rajin sekali membaca buku-buku ilmiah, kepandaiannya dapat melebihi kepandaian para professor. Pada tahun 1847 ia diangkat jadi Direktur Observatorium Harvard.

Dua tahun kemudian ia dipilih jadi anggota Royal Astronomical Society. Ia adalah orang Amerika pertama yang mendapat kehormatan itu. Pada tahun 1848 ia mulai mengamati Planet Saturnus dan Nebula Orion. Pada tahun itu ia juga menemukan Hiperion. Dua tahun kemudian (1850) ia menemukan gelang Saturnus yang remang-remang. Tahun berikutnya (1851) ia memamerkan foto bulan yang sangat jelas di London. Ia adalah orang pertama di dunia yang membuat foto bulan dan foto itu sangat jelas. Para ahli astronomi mulai sadar betapa pentingnya foto seperti itu.

Comments

Popular posts from this blog

Profil Vitalia Sesha Model Di Kasus Suap Daging Impor - Tercanggih

Profile dan biodata Angkasa Band

Talent Pilihan SlideGossip : Andrean Saputra