bBiografi/b Clarence Birdseye - Penemu Proses Pembekuan Makanan b.../b

Biografi Clarence Birdseye (1886-1956) - Birdseye adalah warga negara Amerika Serikat, pengusaha dan penemu. Ia menemukan hampir 300 penemuan, antara lain proses cepat pembukuan makanan. Ia menemukan lampu yang dipanaskan dengan sinar inframerah. Ia menemukan senapan untuk menembakan harpoon. Harpoon adalah alat untuk membunuh ikan paus. Ia menemukan metoda melenyapkan air dalam makanan. Beberapa tahun sebelum meninggal ia menyempurkan cara mengubah sisa tebu yang hancur jadi pulp kertas.

Biografi Lengkap Clarence Birdseye - Penemu Proses Pembekuan Makanan

Birdseye lahir di New York City pada tanggal 9 Desember 1886 dan meninggal di New York City juga pada tanggal 7 Oktober1956. Pada umur 22 tahun ia masuk Amherst College selama dua tahun ia bekerja sebagai penyelidik alam untuk pemerintah Amerika Serikat. Pada tahun 1912-1916 ia pergi ke Labrador sebagai pedagang kulit hewan berbulu. Di Labrador ia melihat penduduk setempat membekukan makanan dalam musim dingin. Begitulah cara penduduk Labrador mengawetkan makanan untuk mengatasi kesulitan mendapatkan makanan segar. Makanan yang sudah dibekukan ternyata tahan bertahun-tahun. Bagi Birdseye pengetahuan ini sangat berharga. Ia mendapatkan inspirasi untuk menciptakan suatu penemuan. Ia bermaksud mengkomersialkan pengalamannya.

Pada tahun 1917, Ia kembali ke New York. Ia segera mengadakan eksperimen. Ia ingin menemukan cara mengeringkan makanan dan membekukannya dengan cepat, seperti yang terjadi di Kutub Utara. Ia juga ingin menemukan cara membungkus makanan tersebut dalam bentuk yang praktis dan mudah di jual secara eceran. Jerih payahnya baru membuahkan hasil setelah ia bekerja dengan tekun selama 5 tahun. Pada tahun 1924 Birdseye bersama teman-temannya mendirikan perusahaan makanan beku. Satu tahun kemudian makanan yang diawetkan itu beredar di pasar dan toko. Dalam waktu singkat makanan beku laku keras dan Birdseye jadi kaya raya. Birdseye bukanlah orang pertama di dunia yang menemukan proses pembekuan makanan. Sebelumnya sudah ada orang yang menemukan proses pembekuan itu. Namun proses pembekuan ciptaan Birdseye jauh lebih unggul. Proses pembekuan yang lama membutuhkan waktu 18 jam. Dengan proses itu mutu makanan turun. Gizinya berkurung, warnanya berubah dan rasanya tidak lezat. Proses pembekuan makanan ciptaan Birdseye hanya memerlukan waktu 90 menit. Gizi, rasa dan warna makanan tetap seperti aslinya. Hal itu disebabkan karena makanan diproses dengan cepat dan di bungkus dengan dua plat logam yang didinginkan. Yang Ia bekukan bukan hanya ikan, tapi juga buah-buahan dan sayuran.

Sesudah jadi jutawan Birdseye menjual perusahaannya (1929). Pada waktu itu Ia baru berumur 43 tahun. Ia masih mempunyai waktu 27 tahun. Waktu ini dan hartanya yang berlimpah-limpah tidak di hambur-hamburkannya. Harta dan waktunya Ia gunakan untuk mencari penemuan-penemuan baru. Usahanya tidak sia-sia. Selama 27 tahun ia berhasil mendapatkan lebih dari 300 paten penemuan.

Comments

Popular posts from this blog

Profil Vitalia Sesha Model Di Kasus Suap Daging Impor - Tercanggih

Profile dan biodata Angkasa Band

Talent Pilihan SlideGossip : Andrean Saputra