Biografi Imam Syafi'i | BlogInfo

http://bloginfo.heck.in/files/katamutiara.jpg


katamutiara.jpg


Imam Syafi'i bernama lengkap Abu Abdullah Muhammad Ibn Idris ibn Al-Abbas ibn Utsman ibn Syafi Ibn As-Sa'id Ibn Ubaid Ibn Abd Yazid Ibn Hasyim Ibn Abd al-Muthalib Ibn Abd Manaf. Berasal dari bangsawan Quraisy dan masih keluarga jauh Rasulullah dari garis ayah yang bertemu di Abdul Manaf (kakek ketiga Rasulullah) dan dari ibunya masih merupakan cicit Ali bin Abi Thalib. Imam Syafi'i lahir di Gaza Palestina pada tahun 150 Hijriyah (767-820 M) pada zaman Dinasti Bani Abbas, pada zaman kekuasn Abu Ja'farAl-Manshur (137-159 H/754-774 M).


Ketika Imam Syafi'i berusia 9 tahun, beliau sudah hafal al-Qur'an dengan lancar. Bahkan sempat 16 kali khatam al-Qur'an dalam perjalanannya dari mekah menuju madinah. Sungguh karunia yang luar biasa dari Allah.


Setahun kemudian beliau juga hafal kitab Al-Muwattha' karangan Imam Malik yang berisi 1.720 hadits pilihan. Imam Syafi'i menekuni bahasa Arab di Dusun Badui Bani Bundail selama beberapa tahun, kemudian kembali ke Mekah dan belajar fiqh dari Imam Muslim bin Khalid Azzanni yang pada saat itu sebagai mufti Mekah.


Guru Imam Syafii sangat banyak, bahkan sama dengan banyak muridnya. Beliau hampir menguasai seluruh disiplin ilmu. Namun beliau lebih dikenal sebagai ahli hadits dan hukum, karena inti pemikirannya terfokus pada dua cabang ilmu tersebut. Pembelaan beliau yang besar terhadap sunnah Nabi membuatnya digelari Nashiru Sunnah (pembela sunnah Nabi).


Pada usia 30 tahun Imam Syafi'i menikah dengan seorang wanita dari Yaman bernama Hamidah binti Nafi', seorang putri dari keturunan Khalifah Utsman bin Affan dan dikaruniai 3 orang anak, 1 laki-laki dan 2 perempuan. Imam Syafi'i berpulang ke rahmatullah pada usia 54 tahun bertepatan dengan 28 Juni 819 M.


Footnote: Dedi Supriyadi, Perbandingan Mazhab dengan Pendekatan Baru (Bandung, Pustaka Setia: 2008), 107-110.








Source http://bloginfo.heck.in/biografi-imam-syafii.xhtml

Comments

Popular posts from this blog

Profil Vitalia Sesha Model Di Kasus Suap Daging Impor - Tercanggih

Profile dan biodata Angkasa Band

Talent Pilihan SlideGossip : Andrean Saputra