Biografi Sir William Henry Bragg - Penemu Spectrometer Sinar-X

Biografi Sir William Henry Bragg  (1862 -1942) - William Henry Bragg adalah ahli fisika Inggris, pemenang Hadiah Nobel, penemu spectrometer sinar-X (1912), uru besar, pengarang, penceramah, direktur Royal Institution dan presiden Royal Society. Bersama Sir William Lawrence Bragg, anaknya, ia menerima Hadiah Nobel untuk fisika pada tahun 1915 karena mengadakan riset untuk menentukan struktur Kristal. Mereka adalah bapak sains modern bidang fisika benda padat.

Biografi Sir William Henry Bragg - Penemu Spectrometer Sinar X

Bragg lahir di Wigton, Cumberland, Inggris, pada tanggal 2 Juli 1862 dan meninggal di London pada tanggal 12 Maret pada umur 80 tahun. Ayahnya petani yang tidak pernah duduk di bangku sekolah. Ibunya putri seorang pendeta.


Sebelum Henry Bragg menginjak umur 7 tahun, ibunya meninggal. Henry Bragg lalu dipelihara oleh pamannya yang mempunyai toko obat dan toko yang menjual bahan makanan keperluan sehari-hari di Market Harborough, Leicestershire. Ia bersekolah di sekolah swasta milik pamannya. Ternyata ia anak yang rajin dan cerdas. Maka pada umur 13 tahun ia disuruh ayahnya bersekolah di King William College di Isle of Man. Di sekolah itu  ada pelajaran agama. Tapi guru lebih menekankan hukuman neraka daripada ajaran agama yang sehat. Akibatnya selama bertahun-tahun Henry Bragg hidup dalam ketakutan dan tidak mau membaca Kitab Suci. Untunglah lambat laun ketakutannya terhadap neraka lenyap. Pada umur 79 tahun ia menulis,"Dari agama manusia tahu tentang tujuan hidupnya. Dari ilmu pengetahuan manusia mendapat kekuatan untuk mencapai tujuan itu".

Pada umur 20 tahun Henry Bragg mendapat beasiswa dari Trinity College, Cambridge. Ia mengambil jurusan matematika dan dapat menyelesaikan kuliahnya dalam waktu dua tahun. Pada umur 32 tahun ia di angkat  jadi guru besar di Universitas Adelaide di Australia Selatan. Karena pengetahuannya tentang fisika sedikit sekali. Maka tiap kali akan mrmberikan kuliah fisika ia belajar lebih dulu malam sebelumnya.

Pada umur 50 tahun (1912) Henry Bragg kembali ke Inggris. Di Inggris ia menemukan spectrometer sinar-X ialah alat yang dapat mengukur dengan tepat panjang gelombang sinar-X dan data Kristal.Sesudah Perang Dunia I ia mendapat tugas mengepalai satu tim ahli untuk membuat hidrofon ialah alat untuk mencari kapal selam musuh.

Comments

Popular posts from this blog

Profil Vitalia Sesha Model Di Kasus Suap Daging Impor - Tercanggih

Profile dan biodata Angkasa Band

Talent Pilihan SlideGossip : Andrean Saputra