Biografi Sir William Lawrence Bragg - Penemu Kristalografer Sinar-X

Biografi Sir William Lawrence Bragg (1890 -1971) - William Lawrence Bragg adalah ahli fisika Ingggris, penemu hukum Bragg (1912), kristalografer sinar-X (ahli analisis Kristal dengan menggunakan sinar-X). Hukum Bragg sangat penting untuk menentukan struktur Kristal. Bersama dengan Sir William Henry Bragg, ayahnya ia mendapat Hadiah Nobel untuk fisika pada tahun 1915.



Biografi Sir William Lawrence Bragg - Penemu Kristalografer Sinar-X
 Lawrence Bragg lahir di Adelaide, Australia Selatan, pada tanggal 31 Maret 1890 dan meninggal di Ipswitch, Inggris pada tanggal 1 Juli 1971 pada umur 81 tahun. Ayahnya bernama Sir William Henry Bragg. Lawrence Bragg lahir ketika ayahnya sedang memberi kuliah di Universitas Adelaide, sejak kecil Lawrence Bragge belajar fisika dan matematika. Kepandaiannya di bidang tersebut memang luar biasa. Pada umur 15 tahun ia masuk Universitas Adelaide. Pada umur 18 tahun ia mendapat gelar doctor. Kemudian ia pergi ke Inggris dan masuk Trinity College, Cambridge. Disini ia memperdalam pengetahuannya tentang fisika.

Pada tahun 1912 ketika Lawrence Bragg berumur 22 tahun Max von Laue, ahli fisika Jerman, menemukan bahwa Kristal membelokkan sinar-X. Dengan penemuannya itu Laue menunjukkan bahwa sinar-X adalah sinar electromagnet serupa dengan sinar biasa. Pada tahun itu juga selama musim panas Lawrence Bragg berliburan ke Australia dan bertemu dengan ayahnya. Ayahnya meragukan penemuan Laue yang mengatakan bahwa sinar-X adalah sinar electromagnet. Tapi Lawrence dengan giatnya mengadakan penelitian. Dan hasil penelitiannya ia menemukan dua hal. Pertama memang benar bahwa sinar-X adalah sinar electromagnet. Kedua ia menemukan persamaan Bragg atau hukum Bragg.

Pada tahun 1914-1918 meletus Perang Dunia I. Dari tahun 1915 sampai tahun 1919 Lawrence Bragg jadi penasihat meliter di bidang penebakan bunyi. Ia dimintaa menebak (menentukan) jarak mariam musuh dari bunyi tembakan meriam musuh. Sesudah perang selesai ia diangkat jadi guru besar di Universitas Victoria di Manchester menggantikan Ernest Rutherford. Dua tahun kemudian  pada umur 31 tahun, ia kawin dengan Alice Hopkinson, putrid seorang dokter. Dari perkawinannya ia mempunyai dua orang anak laki-laki dan dua orang anak perempuan

Comments

Popular posts from this blog

Profil Vitalia Sesha Model Di Kasus Suap Daging Impor - Tercanggih

Profile dan biodata Angkasa Band

Talent Pilihan SlideGossip : Andrean Saputra