Biografi Ray Tomlinson - Penemu Email | Kumpulan Biografi Tokoh ...

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjwMQ7UqRZIvnuM-iraPVtINzGuIrJY3UdVn_4sT6alpVW2M1-YEJMVoBJADW2bGNsxujUqVVD6raYk8aPh1eWSThCU93trf0iVnaz8z6GGG-qXHnpL9NISFL741rALHnarSoLmbIFCR0dg/s320/BiografiRayTomlinson-PenemuEmail.jpg


Biografi Ray Tomlinson - Berbicara mengenai teknologi akan sangat banyak sekali hal-hal yang bisa kita jadikan pembahasan diskusi. Sampai saat ini teknologi terus berkembang dan semakin canggih. Seperti yang akan kita bahas kali ini, seorang penemu teknik pengiriman surat yang kita kenal saat ini dengan nama e-mail atau kotak surel. Kotak Surat Elektronik (biasanya disingkat kotak surel) memiliki fungsi yang sepadan dengan kotak surat konvensional pada umumnya. Kotak surat konvensional digunakan untuk menerima surat dalam bentuk fisik sedangkan kotak surel digunakan untuk menerima surel. Perbedaannya terletak pada bentuknya yang dalam format elektronik. Langsung saja berikut ini sekilas mengenai biografi Ray Tomlinson.


Nama lengkapnya Raymond Samuel Tomlinson atau Ray Tomlinson dilahirkan pada tahun 1941 di daerah bernama Amsterdam di wilayah New York. Ia dan keluarganya kemudian pindah ke daerah atau desa kecil bernama Vail Mills, New York. Ray Tomlinson dikenal sebagai Penemu dari Email atau Elektronik Mail. Di Saat remaja Ray Tomlinson bersekolah di Broadalbin Central School di daerah Broadalbin, New York. Setelah Lulus dari Broadalbin Central School, Ray Tomlinson kemudian melanjutkan srudinya di Rensselaer Polytechnic Institute di wilayah Troy, New York di mana Ray Tomlinson bekerja sama dengan IBM dalam program co-op. Di Rensselaer Polytechnic Institute, Ray Tomlinson menerima gelar Bachelor of Science di bidang teknik listrik pada tahun 1963.




Setelah lulus dari Rensselaer Polytechnic Institute, Ray Tomlinson kemudian melanjutkan studinya untuk gelar Master di Massachusetts Institute of Technology dalam bidang teknik elektro. Di MIT, Ray Tomlinson bekerja di Speech Communication Group dan disitu Ray Tomlinson mengembangkan teknologi analog-digital hybrid speech synthesizer yang dijadikan sebagai subyek untuk tesis Master-nya. Ray Tomlinson kemudian menerima gelar S.M. di bidang Teknik Elektro pada tahun 1965.

Pada tahun 1967 Ray Tomlinson bergabung dengan perusahaan teknologi bernama Bolt, Beranek and Newman yang sekarang dikenal dengan nama BBN Technologies, dimana Ray Tomlinson membantu mengembangkan sistem operasi TENEX termasuk ARPANET Network Control Protocol dan implementasi TELNET. Ray Tomlinson menulis sebuah program transfer file yang disebut CPYNET untuk mentransfer file melalui ARPANET. Ray Tomlinson diminta untuk mengubah sebuah program yang disebut SNDMSG, yang mengirim pesan ke pengguna lain dari komputer time-sharing, untuk dapat dijalankan pada TENEX. Dia menambahkan kode yang ia ambil dari CPYNET ke SNDMSG sehingga pesan dapat dikirim ke pengguna pada komputer lain inilah yang menjadi cikal bakal dari munculnya E-mail atau elektronik mail.


Raymond Tomlinson menemukan email atau elektronik mail berbasis internet akhir tahun 1971 di ARPAnet. Inovasi terbesar yaitu email (atau surat elektronik), kemampuan untuk mengirim pesan sederhana kepada orang lain melalui jaringan (1971). saat itu tengah mengerjakan program yang disebut SNDMSG (send message )yang memungkinan pengguna komputer yang sama bisa meninggalkan pesan satu sama lain. Atau sistem e-mail dengan jenis komputer tunggal. Ketika itu, ia mencoba sebuah program transfer (CYPNET) yang memungkinkan pengguna komputer mengirimkan file, untuk mengarahkan komputer terhubung dengan ARPANET. Tomlinson kemudian berpikir bahwa jika ia menggabungkan SNDMSG dan CYPNET berbarengan, ia mungkin bisa mengirim pesan ke kotak pos elektronik lain dalam sebuah jaringan, semudah mengirimkan file.


Salah satu pertanyaan yang kemudian mengarahkan Tomlinson pada eksperimen lain mengenai e-mail adalah bagaimana membedakan pesan-pesan yang diarahkan keluar jaringan dan pesan lain yang dialamatkan ke banyak pengguna komputer pada sebuah kantor. Ia terus mempelajari keyboard komputer yang tak langsung terkait dengan nama orang serta bukan sebuah angka. Akhirnya sampailah ia pada penggunaan simbol @ sebagai petunjuk alamat sang pengguna e-mail. Simbol ini mewakili tempat dan hanyalah sebuah preposisi pada sebuah keyboard. Penggunaan simbol @ ini membawa dampak yang global, Ray Tomlinson mengakui bahwa penemuannya dihasilkan “hanya dari berpikir tak lebih dari 30 atau 40 detik.” Ray Tomlinson memilih simbol @ untuk membedakan mana pengguna/username dengan domain/alamat server.. Simbol @ dibaca “et” yang berarti “di”.


Email pertama yang dikirim oleh Raymond Tomlinson di antara dua komputer yang benar-benar duduk di samping satu sama lain. Namun, jaringan ARPANET digunakan sebagai sambungan antara keduanya. Pesan email yang pertama adalah “QWERTYUIOP”. Pesan QWERTYUIOP dapat jadikan pesan bersejarah karena itu isi pesan pertama yang dapat dikirmkan lewat jaringan ARPANET yang berkembang sekarang menjadi jaringan internet. Penemu e-mail , Raymond Tomlinson, yang menurut banyak kalangan termasuk pencapaian penting dan revolusioner dalam teknologi informasi. Dia layak menjadi 50 tokoh yang berpengaruh dalam dunia Informatika karena dia yang memilih simbol @ sebagai penanda alamat surat elektronik, dibelakang nama si pengirim atau penerima pesan, bahkan kini pengunaan e-mail sudah menjadi sarana komunikasi global yang paling murah.


Sejarah Singkat


Tahun 1971, Ray Tomlinson seorang ilmuan ARPA melakukan sebuah eksperimen dengan program yang bernama SNDMSG yang biasa digunakan untuk meninggalkan sebuah pesan di komputer seseorang, sehingga orang yang membuka komputer tersebut akan mendapat pesan yang ditinggalkan tersebut. Lalu ia melanjutkan eksperimennya dengan sebuah protokol yang bernama CYPNET yang memungkinkan SNDMSG dapat dikirim ke seluruh komputer yang berada di jaringan ARPANET. Ray mencatatkan diri sebagai orang yang menemukan sekaligus mengirimkan surel pertama di dunia, isi pesan tersebut adalah “QWERTYUIOP”.


Tahun 1972, Ray memperkenalkan tanda ‘@’ sebagai sebuah identitas untuk memisahkan nama pengguna dan domain sebuah alamat surel, yang memiliki arti “at” atau “pada”.


Program surel pertama dan yang masuk salah satu program surel terbesar yang biasa digunakan oleh publik adalah Eudora. Dan surel yang di tulis oleh Steve Dorner ini rilis pada tahun 1988. Waktu itu ia masih berstatus pegawai di University of Illinois.


Nama Eudora sendiri diambil dari nama seorang penulis dari Amerika Eudora Welty. Awalnya Eudora menjadi klien surel pertama yang dapat diakses secara gratis oleh siapa pun, kemudian dibeli oleh Quallcom pada tahun 1994, dan dijadikan produk profesional.


Penghargaan



  • Pada tahun 2000 ia menerima George R. Stibitz Komputer Pioneer Award dari Museum Komputer Amerika (dengan Ilmu Komputer Departemen Montana State University).

  • Pada tahun 2001 ia menerima Penghargaan Webby dari International Academy of Digital Arts and Sciences untuk pencapaian seumur hidup. Juga pada tahun 2001 ia dilantik ke Rensselaer Alumni Hall of Fame.

  • Pada tahun 2002 Discover Magazine diberikan kepadanya Penghargaan Inovasi nya.

  • Pada tahun 2004, ia menerima Penghargaan Internet IEEE bersama dengan Dave Crocker.

  • Pada tahun 2009, ia bersama dengan Martin Cooper dianugerahi Prince of Asturias penghargaan untuk penelitian ilmiah dan teknis.

  • Pada tahun 2011, ia terdaftar di # 4 pada daftar MIT150 dari 150 inovator atas dan ide-ide dari MIT.

  • Pada 2012, Tomlinson telah dilantik ke dalam Hall of Fame internet oleh Internet Society.


Referensi :


http://id.wikipedia.org/wiki/Kotak_Surel


http://kolom-biografi.blogspot.com/2012/12/biografi-ray-tomlinson-penemu-email.html








Source http://www.kolombiografi.com/2013/12/biografi-ray-tomlinson-penemu-email.html

Comments

Popular posts from this blog

Profil Vitalia Sesha Model Di Kasus Suap Daging Impor - Tercanggih

Profile dan biodata Angkasa Band

Talent Pilihan SlideGossip : Andrean Saputra