Dec 13, 2013

Biografi Stephen Hillenburg - Pencipta Dunia SpongeBob ...

http://4.bp.blogspot.com/-IuIcGTBI9_A/Uqcn_bmTJSI/AAAAAAAACHc/mRpP7C2H4Rs/s320/BiografiStephenHillenburg-PenciptaDuniaSpongeBobSquarePants.jpg


Biografi Stephen Hillenburg - Siapa yang tidak tahu tentang cerita film kartun yang satu ini. SpongeBob SquarePants adalah sebuah serial film animasi yang paling populer di Nickelodeon. Di Indonesia serial ini dipopulerkan oleh Lativi (sekarang tvOne), kemudian hak tayang acara-acara yang diproduksi oleh Nickelodeon dibeli oleh Global TV. Kartun ini diciptakan oleh seorang ahli biologi laut dan animator dan lalu dirilis melalui perusahaannya United Plankton Pictures Inc. Serial ini settingnya berada di Samudra Pasifik di kota Bikini Bottom. Langsung saja di bawah ini sekilas tentang biografi Stephen Hillenburg .


Nama lengkapnya Stephen McDannell Hillenburg lahir 21 Agustus 1961 atau hanya Stephen Hillenburg adalah animator, penulis, produsen, aktor, pengisi suara aktor, dan direktur Amerika Serikat yang paling diketahui karena membuat seri animasi SpongeBob SquarePants. Setelah lulus Savanna High School di Anaheim, California, Hillenburg terdaftar di Universitas Humboldt State dan pada 1984 dia dapat gelar di bagian perencanaan dan interpretasi sumber daya alam, dengan tekanan di bagian sumberdaya laut. Pada 1992, dia memperoleh Master of Fine Arts di animasi eksperimental dari Institut Seni California.



Hillenburg menjadi guru biologi laut di tempat yang sekarang Orange County Ocean Institute. Dia bekerja sebagai ahli biologi laut dari 1984–1987. Pada 1987 Hillenburg memutuskan berkarir di bagian animasi, gairahnya yang kedua seumur hidup. Dia membuat beberapa film pendek, dua di antaranya diberikan dan dimainkan dalam festival film animasi internasional. Dua film pendeknya The Green Beret (1991) dan Wormholes (1992) menjadi populer di beberapa festival film.


Ketika masih berada di sekolah animasi, Hillenburg mendapat pekerjaan di seri TV anak-anak Mother Goose & Grimm dari 1991 sampai 1993. Ketika menghadiri Insitut Seni California, dia membuat film yang bernama 'Wormholes' (yang didanai oleh Princess Grace Foundation). Hillenburg ditampilkan filmnya di berbagai festival animasi. Joe Murray, pembuat Rocko's Modern Life, bertemu Hillenburg saat festival animasi dan menanyakan kepada Hillenburg apakah ia akan menjadi sutradara di acara, dia setuju. Hillenburg bergabung dengan seri animasi Nickelodeon sebagai penulis, produser, dan storyboard. Ketika bekerja di Rocko's Modern Life, Hillenburg berteman dengan Tom Kenny, Doug Lawrence, Martin Olson, Paul Tibbit dan beberapa orang lain. Dia sekarang tinggal di San Marino, California.


Pada 1989 di Insitut Seni California, Hillenburg menulis buku komik berjudul "The Intertidal Zone" tentang mahkluk-makhluk laut. Komik "diselenggarakan" oleh spons, Hillenburg awalnya menggambarnya sebagai spons alami tapi diubah menjadi spons kotak karena tampak lucu. Dia menunjukkannya ke Martin Olson, teman dan penulis komedi yang bekerja di Rocko's Modern Life. Olson menyukainya dan mengusulkan Hillenburg menulis seri kartun yang berada di bawah laut. Ketika Rocko's Modern Life berakhir pada tahun 1996, Hillenburg mulai mengembangkan konsepnya, dan pada tahun 1997 dia bekerja sama dengan beberapa mantan rekan-rekannya di "Rocko" untuk merancang latar belakang acara dan karakter.


Pada 1998, Hillenburg bernada acara untuk Nickelodeon, menggunakan akuarium, model karakter, lagu tema dan storyboard akan menjadi episode pilot, "Help Wanted". Nama karakter utama awalnya adalah "Sponge, the Boy", tapi karena nama itu berhak cipta, dia mengubahnya menjadi SpongeBob. Hillenburg menggunakan beberapa konsep yang telah diciptakan untuk Rocko's Modern Life di SpongeBob. Contohnya dia mengunakan cuplikan pendek cuplikan live action. Eksekutif Nickelodeon membeli lapangan dan seri dimulai pada tanggal 1 Mei 1999, dan episode berikut mulai ditayangkan pada tanggal 17 Juli 1999.


Tokoh utama Spongebob adalah sebuah spons laut berwarna kuning yang hidup bersama peliharaannya, Gary, seekor siput laut yang berperilaku sebagai kucing. Spongebob tinggal bertetangga dengan sahabatnya Patrick, seekor bintang laut; dan tetangga yang selalu memusuhinya Squidward, seekor gurita yang tidak senang bersosialisasi, memiliki sifat penggerutu, dan hobi bermain klarinet. Kelucuan-kelucuan dalam cerita serial ini bersumber dari perilaku sehari-hari Spongebob yang polos, optimis, selalu ceria, dan memiliki prasangka baik terhadap siapapun. Terkadang perilaku ini membawa bencana, dimanfaatkan, atau terjadi salah paham kala disatukan dengan sifat-sifat mahluk lain yang tinggal di Bikini Bottom.


The SpongeBob SquarePants Movie dirilis si Amerika Serikat tanggal 19 November 2004. Ini mendapat ulasan yang umumnya baik dari kritikus dan berhasil meraup lebih dari $ 140.000.000 di seluruh dunia. Film dimaksudkan untuk menjadi akhir seri, dan pencipta Hillenburg mengumumkan bahwa ia akan mengundurkan diri dan memberi surat ke Tim Hill. Bagaimanapun, pada 2005, diumumkan bahwa SpongeBob akan dilanjutkan dengan musim keempat pada bulan Mei. Stephen Hillenburg dikabarkan telah meninggalkan seri, namun ia tidak benar-benar meninggalkannya tapi masih berfungsi sebagai produser eksekutif untuk pertunjukan.


Referensi :


http://id.wikipedia.org/wiki/Stephen_Hillenburg


http://id.wikipedia.org/wiki/SpongeBob_SquarePants








Source http://www.kolombiografi.com/2013/12/biografi-stephen-hillenburg-pencipta.html

No comments:

Post a Comment

SLAWI.net | Powered by Blogger