Biografi Andrew Darwis Sang Pendiri Kaskus.co.id | My Diary

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgKYFgzAVAmIh1rpCwOMqTZADpUAw7Oq3fn4Ok5njpNRYsoqT85d97_z1Yy8Htlr9tUKwI5k6OcBDn7e3qUGDiPXywBtR9CGv5DnNheUbIyp9uRw3hueJ-8b-oJUJFkuMebIbwpE5esQfs/s400/Biografi+Andrew+Darwis+Sang+Pendiri+Kaskus.co.id.jpg


Biografi Andrew Darwis Pendiri Kaskus - Kenalkah anda dengan sosok andrew darwis, mungkin anda belum kenal, tetapi saya yakin anda pasti kenal dengan web forum terbesar Indoneisa Kaskus.us. Kaskus merupakan forum dan web yang paing banyak dikunjungi ke 5 di indonesia setelah web-web luar negeri lainnya. kaskus yang kini beralamat di kaskus.co.id ini menuai kesuksesan sebagai forum sekaligus sebagai web portal berita, dan jual beli Indonesia.

Disini kita akan mengenal sosok pendirinya lebih jauh yaitu Andrew Darwis. Berikut kisah biografinya sebagaimana yang dikutip tgkboy.com dari berbagai sumber.



Andrew Darwis lahir pada tanggal 20 Juli 1979 di jakarta, dia merupakan pendiri komunitas online terbesar di Indonesia, Kaskus lewat situs Kaskus yang sekarang ini mempunyai lebih dari 3 juta member. Andrew sekarang menjabat sebagai Chief Technology Officer (CTO) PT Darta Media Indonesia (Kaskus) sekaligus pemilik (owner) Kaskus Network lewat PT Darta Media Indonesia. Andrew memulai pendidikannya di SD Tarakanita Pluit Jakarta, kemudian melanjutkan pendidikannya di SMP Tarakanita Pluit Jakarta, setelah lulus SMP kemudian Andrew memilih untuk melanjutkan pendidikannya di SMA Gandhi National School, Ancol tahun 1998 Jakarta, setelah lulus disana, kemudian Andrew melajutkan studinya di Universitas Bina Nusantara, 1998 jurusan Sistem Informasi.

Setelah berkuliah di Binus, Andrew mencari universitas lain yang bisa mendukung hobi barunya. Ia kesulitan menemukan universitas yang cocok di Indonesia, karena kala itu multimedia belum menjadi lahan pencaharian umum di Indonesia. Namun akhirnya ia menemukannya melalui informasi seorang teman yang baru pulang dari Amerika. Sebuah universitas bernama Seattle University dinilainya dapat memfasilitasi keinginannya untuk mendalami dunia web programming. Pada awalnya, kedua orang tua Andrew tidak setuju dengan keinginan anaknya. Mereka menganggap kuliahnya kelak akan terlalu menghamburkan uang, belum lagi biaya hidup disana. Namun setelah didesak oleh Andrew, akhirnya mereka luluh juga, dengan syarat biaya hidup selama kuliah di Amerika harus ditanggungnya sendiri, dan Andrew menyanggupinya.


Kemudian ia memilih melanjutkan studinya di luar negeri di Art Institute of Seattle, 1999-2003 jurusan Multimedia & Web Design, setelah itu ia melanjutkan masternya di universitas yang sama jurusan Master of Computer Science, Seattle University, tahun 2004-2006. Kemudian Andrew mendirikan Kaskus pada 6 November 1999. Bermula dari pengalamannya saat menimba ilmu di salah satu universitas terkemuka di Negeri Paman Sam, Seattle University, Program Studi Multimedia & Web Design, Art Institute of Seattle Computer Science di tahun 1999, pria yang disapa Andrew ini terinspirasi membuat website forum komunitas yang kini bisa di bilang terbesar di Indonesia. "Saat itu saya ditugaskan oleh dosen untuk membuat program dari free software, dari situlah mulai muncul ide membuat website dengan nama Kaskus." Ujar Andrew yang bekerja di perusahaan lyrics.com saat kuliah di Amerika.


Kaskus berasal dari kata Kasak-Kusuk atau memiliki makna bergosip. Dengan modal awal sebesar US$ 3 (Rp 30.000,-) untuk membeli server, Andrew dan dua rekannya, Ronald dan Budi, memilih untuk membuat portal yang berisi mengenai berita maupun informasi tentang Indonesia. Portal tersebut sengaja di buat menjadi suatu media untuk memuaskan kerinduan bagi masyarakat Indonesia yang berada di Luar negeri. Manfaatnya adalah ketika semakin nampaknya geliat bisnis online, serta banyaknya orang yang memulai bisnis online. Ini dilihat Andrew sebagai potensi besar yang mendukung perkembangan Kaskus. Berdasarkan survey, terdapat lebih dari 40 juta pengguna Internet di Indonesia. Dengan jumlah yang luar biasa tersebut, ia mengasumsikan bahwa masing-masing pengguna Internet adalah target pasar yang potensial. Andrew mengaku bahwa banyak kendala dialaminya saat awal pembentukan Kaskus. Ia harus turun tangan langsung dan memperbaiki apabila ada server yang down, karena saat itu Andrew belum memiliki karyawan. Selain itu kendala terberat juga dialaminya ketika pindah ke Jakarta, karena ia harus meyakinkan customer dan advertiser mengenai citra Kaskus.


Baca juga: Kisah sukses pendiri detik.com

Pemasarannya Andrew dan timnya di awal usaha harus bergeriliya door to door ke klien untuk memperkenalkan positioning Kaskus dan tidak sampai 1 tahun, Kaskus sudah banyak dipercaya oleh client-client besar yang sudah mendukung Kaskus sejak pertama kali Kaskus launching pada Desember 2008. Berselang 2 bulan kemudian Kaskus resmi menjadi perusahaan professional di bawah bendera PT. Darta Media Indonesia . Saat ini tercatat Kaskus memiliki 3.730.031 member(update pertanggal 3 Desember 2011 pada pukul 11.55) dan terus bertambah tiap detiknya. Kaskus memiliki target pasar dari usia 15-40 tahun baik kalangan pelajar, mahasiswa, karyawan, professional dan entrepreneur.

Berbagai penghargaan juga diterima oleh Andrew di antaranya The Best Indonesian Communities for 2005 and 2006 versi Alexa.com dan Wikipedia, dari Microsoft dengan nominasi Kaskus Indonesia Innovative Top Web Site di tahun 2008, dan dari Indosat dengan nominasi Kaskus The Online Inspiring Award di tahun 2009 Saat ini untuk me-manage Kaskus, Andrew dibantu 30 orang karyawan yang terbagi dalam tim pemasaran, sales, IT dan creative.


Kini Andrew dibantu sekitar 30 orang karyawan dalam mengatur kaskus.us yang kini bernama kaskus.co.id, yang terbagi menjadi beberapa tim antara lain marketing, sales, IT dan creative. Pada tahun 2009, penghasilan Andrew dari kaskus adalah sekitar 600 juta rupiah per bulan. Andrew mengaku akan terus mengembangkan situsnya tersebut, dan mulai mengincar pengguna internet luar negeri dalam marketing content (isi) kaskus. Kini,Pria yang dikenal para kaskuser sebagai "Mimin" (singkatan dari Admin) ini patut berbangga, kaskus telah menjadi sebuah situs fenomenal yang memiliki istilah tersendiri yang tidak dimiliki situs forum lainnya. Dirinya pun masuk ke dalam jajaran enterpreneur muda berbakat kebanggaan Indonesia.


Itulah sekilas Biografi Andrew Darwis Sang Pendiri Kaskus.co.id sebagai Situs Komunitas Online terbesar Indonesia, semoga saja sepak terjang Andrew dalam mengenbangkan kaskus ini bisa menjadi inspirasi bagi blogger lainnya dalam membangun dan mengenbangkan berbagai bentuk blog dan web didunia online.


Sumber:

- http://id.wikipedia.org/wiki/Andrew_Darwis

- http://livebeta.kaskus.us/thread/000000000000000006327037/biografi-andrew-darwismimin-kasku

- http://kolom-biografi.blogspot.com/2012/04/biografi-andrew-darwis-pendiri-kaskus.html




Biografi Andrew Darwis Sang Pendiri Kaskus.co.id Title : Biografi Andrew Darwis Sang Pendiri Kaskus.co.id

Description : Biografi Andrew Darwis Pendiri Kaskus - Kenalkah anda dengan sosok andrew darwis, mungkin anda belu...

Rating : 5






Source http://tgkboy.blogspot.com/2013/12/biografi-andrew-darwis-sang-pendiri.html

Comments

Popular posts from this blog

Profil Vitalia Sesha Model Di Kasus Suap Daging Impor - Tercanggih

Profile dan biodata Angkasa Band

Talent Pilihan SlideGossip : Andrean Saputra