May 1, 2014

Biografi Friedhelm Hillebrand Sang Penemu SMS - Foto Tokoh

http://ift.tt/1n6E8hq


Biografi Friedhelm Hillebrand Sang Penemu SMS – Dialah tokoh yang berperan sngat besar dalam kehidupan moderen saat ini karena berhasil menemukan sebuah cara berkomunikasi secara cepat tanpa terbatas ruang dan waktu. Friedhelm Hillebrand merupakan tokoh yang berhasil menemukan short message service atau yang lebih kita kenal dengan SMS sehingga ia dikenal sebagai fathet of short message service. Friedhelm Hillebrand lahir pada tahun 1940 di Warstein, Jerman. pada tahun 1968 ia mendapatkan gelar Master of Science bidang Teknologi Komunikasi dari sebuah universitas yaitu Technical University of Aachen. Kemudian ia bergabung dengan sebuah Lembaga Penelitian yang bernama AEG Telefunken di Ulm dan bekerja menangani konsep sistem switching elektronik. Pada tahun 1970 Friedhelm Hillebrand bergabung dengan perusahaan telekomunikasi nasional yaitu Deutsche Bundespost.


Friedhelm Hillebrand Biography


Sejak tahun 1976, ia diberi tugas untuk mengembangkan konsep paket X.25 switching pada jaringan DATEX-P dari konsep pertama sampai akhir tahun pertama pada tahun 1981. Pada tahun 1983, ia diangkat menjadi manajer proyek pointed untuk sistem komunikasi bergerak generasi selanjutnya. Friedhelm Hillebrand turut berpartisipasi dalam pleno GSM dari November 1984 sampai seterusnya. Ia berkontribusi dalam bidang telekomunikasi untuk jasa desain, roaming internasional dan juga metode kerja manajemen. Pada 1987-1988 ia terpilih menjadi Ketua pendiri GSM data kelompok. Pada pertengahan tahun 1987, Friedhelm Hillebrand bertanggung jawab atas kontribusi GSM dari Deutsche Bundespost, dan berkerjasama dengan penyedia operator GSM dan pelaksanaan jaringan D1 GSM di Jerman. Pada tahun 1984 konsep SMS pertama kali dikembangkan melalui kerjasama Friedhelm Hillebrand dan peneliti seluler Bernard Ghillebaert dari Prancis.


SMS pertama kali dikirim pada 1992 Neil Papworth kepada Richard Jarvis yang salah satu pegawai Vodafone. Pada saat itu ponsel tidak dilengkapi dengan keyboard sehingga Papworth mengetikkan pesannya pada PC. Ponsel GSM keluaran pertama tidak dapat digunakan untuk mengirim SMS karena pada saat itu SMS hanya digunakan untuk mengirimkan pesanperingatan dari operator kepada pengguna. Akhirnya pada tahun 1993 Nokia menjadi membuat ponsel dengan yang dapat mengirimkan SMS. Awalnya SMS tidak mendapat respon oleh masyarakat, namun seiring berjalannya waktu, SMS menjadi suatu kebutuhan bagi masyarakat dan banyak digunakan hampir disetiap hari. Di tahun 2006, keuntungan yang diraih oleh penyedia layanan operator GSM di seluruh dunia dari SMS mencapai $ 60 miliar .


Asal mula karakter SMS berjumlah 160. Pada tahun 1985 , Hillebrand duduk di kamarnya yang berada di Bonn sambil berbicara sendiri dengan mengatakan sejumlah pernyataan dan pertanyaan. Saat itu, partnernya diminta untuk mengetik setiap kata yang ia ucapkan. Setelah itu, Hillebrand menghitung huruf, angka, jeda huruf, tanda baca, serta spasi di tiap halaman yang ada. Hillebrand menemukan, hampir setiap perkataanya yang terdiri dari satu atau dua baris hampir semuanya terdiri dari 160 karakter. Saat itu, pakar telekomunikasi sedang mengembangkan pembuatan standar adanya sebuah teknologi yang memungkinkan ponsel untuk mengirim dan menayangkan pesan tulisan. Ide 160 karakter kemudian diusulkan oleh Hillebrand bersama rekannya, Bernard Ghillebaert dari France Telecom. Ide kedua orang berkembang dan menjadi standar jumlah karakter dalam sebuah SMS. Namun, Hillebrand tidak memperoleh keuntungan dari karyanya tersebut.


Demikian itu Biografi Friedhelm Hillebrand yang kali ini dapat kami berikan, semoga artikel mengenai salah satu tokoh dunia ini dapat menginspirasi bagi anda. Dan jika anda ingin melihat info tokoh lainnya, silahkan anda melihat Khairil Ghibran Seorang Puitis Dunia. Barang kali saja anda ingin mengetahui biografi dari salah satu puitis ternama dunia ini.


advertisements





Source http://ift.tt/1jlb05t

No comments:

Post a Comment

SLAWI.net | Powered by Blogger