Biografi Alexandre Gustave Eiffel - Perancang Menara Eiffel

Biografi Alexandre Gustave Eiffel - Keindahan Prancis tak pernah bisa  lepas dari indahnya Menara Eiffel. Namun jarang yang tahu, bahwa dibalik bangunan megah dan selalu menjadi icon romantisme tersebut ada nama Alexandre Gustave Eiffel. Ia adalah seorang insinyur Perancis dan pengusaha, spesialis struktur logam. 

Eiffel dilahirkan pada 15 Desember 1832 , dan wafat pada 27 Desember 1923.  Ia mendapat julukan si "penyihir dari besi” karena kepiawaiannya dalam mengolah kontrruksi logam, terutama jembatan. Karyanya yang terkenal adalah menara Eifeel yang dibuat tahun 1887-1889 untuk Pameran Universal 1889 di Paris, Perancis.

Ia sering memimpin pendirian sebuah jembatan, seperti pendirian jembatan besi di Bordeaux pada tahun 1858 yang dirancang Galeri, tinggi melengkung. Pada tahun 1867 merancang Mesin untuk Pameran Paris. Pada 1877 ia menjembatani Sungai Douro di Oporto, Port, Dengan tinggi 525 kaki (160 meter) baja lengkung, yang diikuti dengan lengkungan lebih besar dari jenis yang sama, 540 kaki (162 meter) rentang Garabit jembatan di atas Sungai Truyère di Perancis selatan, selama bertahun-tahun jembatan tertinggi di dunia, 400 kaki (120 m) di atas sungai. Dia adalah salah satu insinyur pertama yang menggunakan kompresi udara caissons dalam membangun jembatan. Dia merancang kubah bergerak observatorium di Nice dan kerangka Patung Liberty di New York Harbor.

Setelah lulus dari College of Art dan Manufaktur pada tahun 1855, Eiffel mulai mengkhususkan diri dalam konstruksi logam, terutama jembatan. Dia memimpin pendirian sebuah jembatan besi di Bordeaux pada tahun 1858, diikuti oleh beberapa orang lain, dan dirancang Galeri, tinggi melengkung Mesin untuk Pameran Paris 1867. Pada 1877 ia menjembatani Sungai Douro di Oporto, Port., Dengan kaki-525 (160 meter) baja lengkung, yang diikuti dengan lengkungan lebih besar dari jenis yang sama, 540 kaki (162 meter) rentang Garabit jembatan di atas Sungai Truyère di Perancis selatan, selama bertahun-tahun jembatan tertinggi di dunia, 400 kaki (120 m) di atas sungai. Dia adalah salah satu insinyur yang pertama untuk menggunakan kompresi udara caissons dalam membangun jembatan. Dia merancang kubah bergerak observatorium di Nice dan kerangka Patung Liberty di New York Harbor.

Reputasi Eiffel's mengalami kemunduran parah ketika ia terlibat dalam skandal keuangan putaran Ferdinand de Lesseps dan pengusaha gagal mendukung proyek Terusan Panama Perancis. Eiffel sendiri tidak ada hubungannya dengan keuangan, dan Ia akhirnya dihukum bersalah. Eiffel meninggal pada tanggal 27 Desember 1923 di rumah besarnya di Rue Rabelais di Paris dan dikebumikan di Cimetière de Levallois-Perret, di Paris. (Lahir 15 Desember 1832, Dijon, Prancis-meninggal 28 Desember 1923, Paris) insinyur sipil Prancis terkenal karena menara di Paris yang menyandang namanya.

Biografi Lengkap Alexandre Gustave Eiffel

Nama : Alexandre Gustavo Eiffel

Warga Negara : Perancis

Tangal Lahir : 13 Desember 1832

Tempat Lahir :  Dijon, Côte-d'Or, France

Tanggal kematian : 27 Desember 1923 (umur 91)

Tempat kematian : Rue Rabelais di Paris


Referensi:
Di terjemahkan oleh Nurdyansa (www.kolom-biografi.blogspot.com) dari http://www.biographybase.com/biography/Eiffel_Gustave.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Gustave_Eiffel


Comments

Popular posts from this blog

Profil Vitalia Sesha Model Di Kasus Suap Daging Impor - Tercanggih

Profile dan biodata Angkasa Band

Talent Pilihan SlideGossip : Andrean Saputra