Profil Ekosistem Wallace Bakal Disusun - Green Radio

http://ifttt.com/images/no_image_card.png


Tahukah anda daerah mana di Indonesia yang kaya dengan habitat burung dan satwa lainnya? Jawabnya ada di Indonesia bagian timur. Tapi tidak banyak data-data soal keanekaragaman di wilayah itu.


Untuk mengumpulkan data-data tersebut, lembaga Burung Indonesia dan Dirjen Perlindungan Hutan dan Konservasi Alam PHKA dan lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia LIPI bakal melakukan penyusunan ekosistem Wallacea yang disponsori oleh lembaga internasional Critical Ecosystem Parthnership Fund CEPF.


Di kawasan Wallacea misalnya, sekitar satu dari setiap lima jenis burung, mamalia, tumbuhan, reptile dan amfibi serta ikan air tawar hanya ada di kawasan itu alias endemis. Tercatat sekitar 2.071 jenis hidupan liar di Wallacea yang tidak ditemukan. Contohnya burung bidadari di Halahera, komodo di TN Komodo dan ujung Flores NTT, serta Anoa di Sulawesi dan Buton.


Namun, sebagian satwa di kawasan Wallacea menurut World Conservation Union IUCN terdapat 535 jenis hidupan liar terancam punah. Dari 535 hidupan liar terdiri dari 172 jenis koral, tumbuhan 67 jenis, mamalia 66 jenis.


Menurut Agus Budi Utomo, Direktur Eksekutif Burung Indonesia, data akan dikumpulkan mulai Juni 2013 hingga Juli 2014.


“Program ini mulai dari Juni 2013 sampai Juli 2014 dan profil ekosistem ini sendiri bukan hanya untuk manusia tapi untuk satwa itu sendiri. JIka biodersity itu lestari maka manfaatnya sangat besar untuk manusia. Kenapa wilayah keanekaragaman di wilayah Wallacea karena sangat berguna untuk manusia,” kata Agus pada Green Radio.


Nantinya penyusunan profil ekosistem Wallacea bertujuan untuk menunjukkan wilayah prioritas untuk aksi penyelamatan sekaligus nantinya akan ada bantuan dana hibah sebesar 5 juta dollar selama lima tahun untuk mendukung upaya-upaya konservasi di wilayah Wallacea.


Wilayah penyusunan profil mencakup sebelah timur Bali hingga sebelah barat Papua yaitu Sulawesi, Maluku, Nusa Tenggara serta Timor leste. Daerah-daerah ini adalah daerah yang kaya akan keanekaragaman hayati namun terancam pengrusakan, pemanfaatan berlebihan dan invasi jenis-jenis asing.







Source http://www.greenradio.fm/news/latest/8310-profil-ekosistem-wallace-bakal-disusun

Comments

Popular posts from this blog

Profil Vitalia Sesha Model Di Kasus Suap Daging Impor - Tercanggih

Profile dan biodata Angkasa Band

Talent Pilihan SlideGossip : Andrean Saputra