Biografi Presiden Soekarno | Catatan Akang Sambudi

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhkco6L2o8osR5PnZdj9e7FmZrvVKH4J0GJaStpmhQ2Nx2ZPI1_LzCFmwsG9lPYri2MdOsVsXhSiu0nt2qgIylPQM3W-T6RnYbXwAaDGw_r4OLoBdPJv3U6QPf5zJUPkSVHE2nY4Ls6kKA/s200/soekarno.jpg




Selamat malam sahabat semua, Semoga malam ini tak ada yang berkurang segala sesuatunya dan siap untuk melaksanakan ibadah puasa ramadhan. Pada postingan yang sebelumnya saya sudah post tentang ''Tradisi munggahan jelang puasa ramadhan'', bagaimana sob, sudah munggahan kemana aja ne? hehe share dong ! hee. Baiklah pada kesempatan malam ini saya kembali akan share tentang "Biografi Presiden Soekarno", so pasti sobat semua mengenalnya Presiden Rl yang pertama ini.

Presiden Soekarno/ Bung Karno/ Ir. Soekarno Lahir di Lawang Sekateng, Surabaya, 6 juni 1901, Soekarno adalah pribadi yang kompleks. la digelari Proklamator RI, Pemimpin Besar Revolusi, Penyambung Lidah Rakyat, Waliyyul Amri, dsb. Menurut Onghokham yang menarik dari soekarno adalah tiga unsur pokok pemikirannya, yaitu anti-elitisme, anti-kapitalisme dan anti-imprealisme-kolonialisme.


Soekarno pernah mengatakan: ''Hancurkan segera imprealisme yang dibantu oleh budaknya imprealisme. Dengan kekuatan Islam insya Allah itu segera dilaksanakan''. Begitu tidak simpatinya kepada kapitalisme, Soekarno juga pernah menulis: "Apa artinya memerintah sendiri kalau itu dilakukan oleh pengikut-pengikut kapitalisme dan imprealisme''. Menurutnya, kapitalisme adalah suatu pergaulan hidup yang timbul dari cara produksi yang memisahkan kaum buruh dari alat-alat produksi. Kapitalisme mengarah kepada pemiskinan.


Soekarno adalah negarawan dan intelektual yang retorika-retorikanya penuh dengan pesan kepedulian terhadap rakyat kecil, kaum marhaen, sehingga ia dijuluki penyambung lidah rakyat.


Sumber: Mengasah Naluri Publik-Memahami Nalar politik (Umaruddin Masdar, dkk.)








Source http://samboedy.blogspot.com/2013/07/biografi-presiden-soekarno.html

Comments

Popular posts from this blog

Profil Vitalia Sesha Model Di Kasus Suap Daging Impor - Tercanggih

Profile dan biodata Angkasa Band

Talent Pilihan SlideGossip : Andrean Saputra