Biografi Mohammad Hatta | Catatan Akang Sambudi

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi22QBFZn8MUYWnalNNq5K4ReYL35WRSpSB3sZJlwDjJadmzmNFN4kIz17yP47HyxYMzvJc6gZKTHTvMsezHXCr6HVK93jtrl0DsQGFNaG2QBb8wBhhEPYgQDljrnAGIrohNLN25sBPV2c/s200/mh.jpg




Mohammad Hatta lahir di bukittinggi, 12 Agustus 1902. la seprang negarawan sekaligus intelektual yang konsisten. Pada masa remajanya, tepatnya ketika berumur 16 tahun, la sudah menjabat sebagai Jong Sumatranend Bond di Padang.


Menurut John Ingleson (1982), ada empat hal pokok yang menjadi keyakinan sentral Hatta dalam berjuang baik sebagai intelektual maupun negarawan. Pertama, bahwa demokrasi parlementer dengan banyak partai merupakan bentuk pemerintahan yang terbaik bagi Indonesia. Kedua, keyakinan tentang pembaharuan Indonesia secara mendasar. Ketiga, keyakinan bahwa Indonesia harus berjuang terutama sekali untuk menciptakan ekonomi yang lebih adil. Keempat keyakinan bahwa partai-partai politik di Indonesia harus didasarkan pada kader-kader terpelajar yang mempunyai kesadaran politik, dan sebaiknya bergerak dengan hati-hati ke arah keanggotaan massa.


Sumber: Mengasah Naluri Publik-Memahami Nalar politik (Umaruddin Masdar, dkk.)








Source http://samboedy.blogspot.com/2013/07/biografi-mohammad-hatta.html

Comments

Popular posts from this blog

Profil Vitalia Sesha Model Di Kasus Suap Daging Impor - Tercanggih

Profile dan biodata Angkasa Band

Talent Pilihan SlideGossip : Andrean Saputra