Jun 22, 2014

Profil Gibran Rakabuming Raka, Anak Tertua Jokowi | Aneka Info Unik

http://ift.tt/UvPC4K


Foto Gibran Rakabuming Raka dan Usaha Katering


Inilah profil lengkap Gibran Rakabuming Raka, anak tertua Jokowi, calon presiden Indonesia nomor urut 2. Sosok pria berusia 25 tahun ini mulai diperbincangkan orang sejak karir politik ayahnya meningkat terutama sejak terpilih menjadi gubernur DKI Jakarta. Gibran memang tidak pernah sama sekali menemani ayahnya berkampanye dalam pemilihan presiden karena kesibukan menjalankan bisnis kateringnya di Solo. Mari kita bahas mengenai biografi dan biodata singkat Gibran walaupun tidak banyak yang dapat diketahui publik dari hasil pencarian informasi lewat online maupun offline.

DAFTAR ISI

1. Kehidupan Awal

2. Karir

3. Kehidupan Pribadi

4. Biodata Lengkap


.


Kehidupan Awal




Gibran Rakabuming Raka lahir pada tanggal 1 Oktober 1987 dari pasangan Joko Widodo atau Jokowi dan Iriana, dimasa ayahnya memulai usahanya sendiri mendirikan pabrik kayu di Solo.Masa kecil Gibran dihabiskan di Solo dan sejak SMP dia tinggal di Singapure, menempuh sekolah setingkat SMA di Orchid Park Secondary School, Singapura pada tahun 2002. Pada tahun 2007, dia berhasil lulus dari Management Development Institute of Singapore (MDIS) dan melanjutkan studinya ke University of Technology Insearch, Sydney.

Kembali ke halaman atas


.


Karir




Pada saat masih kuliah di Singapura, Gibran sudah tertarik bisnis catering walaupun orangtuanya menyarankannya untuk melanjutkan usaha keluarga yang turun-temurun masuk di sektor mebel. Walaupun tidak mempunyai latar belakang pengalaman dan pendidikan di bidang tata boga, Gibran memandang catering sangat mempunyai potensi besar karena belum menjadi industri hanya masih usaha rumah tangga.

Pada tahun 2010, Setelah lulus kuliah, Gibran mendirikan usaha katering pada akhir 2010 dengan menggunakan gudang mebel milik ayahnya yang dijadikan kantor dan dapur katering. Nama usaha kateringnya adalah Chilli Pari yang bermakna keberanian dan kemakmuran. Usahanya berdiri setelah hanya satu dari tujuh proposal pinjaman ke bank setuju untuk memberikan pinjaman sebesar Rp.1 M. Awalnya Chilli Pari hanya mengurus order kecil-kecilan untuk puluhan orang, baru Januari (2011) bisa garap ribuan orang termasuk menyediakan katering untuk pernikahan di Graha Saba.


Walaupun awalnya sulit, dengan perlahan dan menggunakan teknik marketing yang baik, usaha katering Gibran sukses meraih kesuksesan dan kepercayaan. Business utama Chilli Pari adalah catering dan wedding organizer yang professional menyediakan aneka kebutuhan untuk pernikahan seperti gedung, rias pengantin, dekorasi dan lainnya. Menu yang disediakan adalah masakan Jawa, Jepang, Barat dan lainnya. Gibran sekarang tercatat sebagai ketua Asosiasi Perusahaan Jasa Boga Indonesia (APJBI) Kota Solo.


Menjelang pemilihan presiden, banyak rumor atau isu yang dapat dikategorikan kampanye negatif dan hitam mengenai hubungan bisnisnya dengan Luhut Panjaitan. Ada informasi yang menyebutkan, Luhut Panjaitan mengaku punya kepemilikan di PT Rakabu Sejahtera sejak 2009. Luhut menggandeng Gibran yang saat itu masih berusia 20 tahun untuk mendirikan Rakabu Sejahtera. Disebutkan, modal awal PT Rakabu sejahtera itu sebesar 16, 19 miliar yang berasal dari Gibran, dan sisanya dari Luhut atas nama Toba Sejahtra sebesar Rp 15,55 miliar. Namun demikian, rumor ini tidak diketahui benar atau tidak.


Kembali ke halaman atas


.


Kehidupan Pribadi




Tidak banyak yang diketahui mengenai kehidupan pribadi Gibran baik mengenai pacar atau lainnya. Informasi yang beredar hanya mengenai ketidaksetujuan orangtuanya atas keinginan Gibran memulai bisnis katering di Solo, walaupun sekarang orangtua mendukung sepenuhnya. Gibran memang menolak memanfaatkan nama ayahnya sebagai orang nomor satu di Solo untuk mendongkrak usahanya dan selali menolak pesanan dari Pemkot.

Kembali ke halaman atas


.


Biodata Lengkap





  • Nama Lengkap: Gibran Rakabuming Raka

  • Nama Panggilan: Gibran

  • Tempat dan Tanggal Lahir: Solo, 1 Oktober 1987

  • Nama Ayah: Joko Widodo

  • Nama Ibu: Ny. Hj. Iriana

  • Saudara: Kahiyang Ayu (twitter @Ayangkahiyang) dan Kaesang Pangarep

  • Pendidikan:


- Orchid Park Secondary School, Singapura (2002)

- Management Development Institute of Singapore (MDIS)

- University of Technology Insearch, Sydney.



  • Pekerjaan: Pengusaha katering pemilik Chilli Pari Catering Services (2010-sekarang)








Source http://ift.tt/1rmOWt7

No comments:

Post a Comment

SLAWI.net | Powered by Blogger