Nov 28, 2013

20 Tahun Bermusik, /Rif akan Luncurkan Biografi Timlo.Net

http://www.timlo.net/wp-content/uploads/2013/11/Andy-Rif-Konser-1-300x221.jpg



Achmad Khalik - Timlo.net


Minggu, 24 November 2013 | 05:00 WIB



Dok.Timlo.net/ Achmad Khalik.

Dok.Timlo.net/ Achmad Khalik.



Andy /Rif Konser di Amarelo.




Solo — Bukanlah waktu yang singkat, selama 20 tahun grup musik Rhythem of Freedom (/Rif) malang melintang di blantika musik tanah air. Sejauh perjalanan mereka, berbagai pengalaman duka dan lara grup musik rock tersebut dilalui bersama.


Kenangan indah maupun pahit menghadapi para fans yang terkenal brutal pun juga pernah mereka lalui. Tak hanya itu, susahnya menembus industri musik kala itu juga menjadi sebuah pelajaran berharga bagi grup musik yang dibentuk tahun 1997 tersebut.


Berdasarkan pengalaman tersebut grup musik yang digawangi oleh Andy (vocal), Jikun (Gitar) Maggi (drum) Teddy (bass) Ovy (gitar) tersebut rencananya akan mengeluarkan sebuah buku berjudul “Mau Jadi Anak Band”. Buku yang terdiri dari kumpulan pengalaman dan lika-liku perjalanan grup musik tersebut untuk menjawab semua pertanyaan yang timbul dalam benak masyarakat.


“Terkadang kalau kita bertemu dengan fans, mereka sering menanyakan bagaimana membentuk band yang solid, bagaimana bisa menembus dapur rekaman, dan sebagainya. Dalam buku ini sudah kita rangkum seluruh pertanyaan tersebut berdasarkan apa yang kita alami selama 20 tahun terakhir,” ucap Andy /Rif kepada wartawan, Senin (18/11).


Lebih lanjut, pemilik nama lengkap Restu Triandy membocorkan tentang isi buku tersebut, bahwa ada sebuah kisah unik yang diselipkan diantara ratusan halaman yang terdapat dalam buku tersebut. Tatkala mereka harus membangun dari awal sebuah band yang mampu mempertahankan ciri khas tanpa harus dikendalikan oleh sebuah perusahaan label rekaman.


“Dalam buku tersebut ada sebuah kisah berkesan kita. Saat awalmula terbentunya grup band /Rif ini, kami dari satu panggung ke panggung lain mengenalkan lagu-lagu kami. Awal mulanya kami telah mengusung genre musik rock, bahkan sampai sekarang kami tetap konsisten dijalur musik tersebut,” tandas Andy.


Dirinya berharap, melalui buku yang mereka buat tersebut dapat memberi inspirasi serta petunjuk kepada band-band pemula agar mampu bertahan dan menjaga kekompakan di tengah ketatnya persaingan industri musik tanah air. Pasalnya, jika sebuah grup tidak digarap secara maksimal pastinya tidak akan bertahan lama dan hanya mengikuti arus serta tidak memiliki pendirian dalam berkarya.


“Harus memiliki kesolidan terlebih dahulu. Jika itu sudah terbentuk maka tentukanlah genre musik yang akan diusung. Dan hal itu harus dilakukan secara konsisten serta terus menerus,” pesan Andy.



Berita Terkait







Source http://www.timlo.net/baca/68719519950/20-tahun-bermusik-rif-akan-luncurkan-biografi/

No comments:

Post a Comment

SLAWI.net | Powered by Blogger