Mengenal Profil Singkat Para Caleg | Road to Indonesia's 2014 ...

http://www.ayovote.com/wp-content/uploads/2013/07/FireShot-Screen-Capture-107-Komisi-Pemilihan-Umum-kpu_go_id.png


Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat akhirnya melakukan sebuah terobosan baru dalam Pemilu 2014 nanti. Jika dulu KPU hanya menampilkan nama serta foto para kandidat, pada pemilu kali ini KPU menampilkan CV atau profil singkat dari para caleg pada website resmi KPU.


Profil yang ditampilkan terdiri dari data diri caleg, riwayat pendidikan, perkerjaan, hingga kontribusi yang pernah dilakukan oleh caleg untuk bangsa Indonesia. Hampir semua caleg menampilkan profil singkat mereka. Meskipun begitu, terdapat juga beberapa caleg yang enggan menampilkan profil mereka. Hal ini tidak dilarang karena konsep pemaparan profil caleg tidak diwajibkan oleh KPU.


Penasaran dengan profil para caleg Pemilu 2014? Berikut ini Ayo Vote akan memberikan cara melihat profil singkat para caleg.


1. Ketahui dulu dimana daerah pemilihan (dapil) kamu nanti. Jika belum tahu, cek di sini ya untuk mengetahui cara cek dapil


2. Jika sudah mengetahui dapil kamu, selanjutnya buka situs KPU di kpu.go.id . Lalu klik Daftar Calon Tetap (DCT).


FireShot Screen Capture #107 - 'Komisi Pemilihan Umum' - kpu_go_id


3. Setelah di-klik, selanjutnya kamu pilih bagian “profil calon tetap pemilihan umum anggota DPR RI 2014″


FireShot Screen Capture #118 - 'Komisi Pemilihan Umum' - kpu_go_id_index_php_option=com_content&task=view&id=8268&Itemid=490


4. Jika sudah di-klik, situs tersebut kemudian menampilkan 12 partai politik peserta Pemilu 2014. Selanjutnya, kamu pilih partai politik yang ingin kamu ketahui calegnya. Sebagai contoh, saya memilih caleg dari PKPI.


FireShot Screen Capture #122 - 'CALON LEGISLATIF 2014' - dct_kpu_go_id


5. Setelah memilih partai politiknya, kamu dapat memilih caleg berdasarkan provinsi dan dapilnya. Berhubung saya ingin tahu profil caleg PKPI di dapil saya (Jakarta II), maka saya pilih provinsi DKI Jakarta dan dapil Jakarta II.


FireShot Screen Capture #125 - 'KPU PUSAT - DAFTAR CALON SEMENTARA' - dct_kpu_go_id_index_php_go=dct-dpr&partai=15


6. Apabila sudah dipilih sesuai dapilnya, nanti akan muncul daftar nama, foto, tempat tinggal, beserta file profil para caleg. Jika kamu ingin melihat profilnya, silahkan klik profil si caleg. Pada file pdf tersebut akan muncul sebuah formulir yang berisi profil singkat para caleg.


Profil caleg ini ditampilkan dalam bentuk PDF. Jadi kamu bisa menyimpan dan mencetaknya. Jika perlu, bagikan ke keluarga, teman-teman, atau tetangga kamu yang juga memilih di dapil yang sama. Saran dari Ayo Vote, setelah mengecek profil caleg ini, sebaiknya kamu juga cari profil mereka di internet atau tanya dengan teman-teman yang lain.


Tags: , ,



Author Description





Disna Harvens


Dipanggil Boim. Zoon Politikon. "Just because you do not take an interest in politics doesn’t mean politics won’t take an interest in you” - Pericles










Source http://www.ayovote.com/mengenal-profil-singkat-para-caleg/

Comments

Popular posts from this blog

Profil Vitalia Sesha Model Di Kasus Suap Daging Impor - Tercanggih

Profile dan biodata Angkasa Band

Talent Pilihan SlideGossip : Andrean Saputra