Nov 16, 2013

Biografi Michael Dell - Pendiri Perusahaan Komputer Dell Inc ...

http://2.bp.blogspot.com/-Egg7cdPBfBg/UoQwy1WVbLI/AAAAAAAABls/w4fUwHaVqEU/s320/BiografiMichaelDell-PendiriPerusahaanKomputerDellInc.jpg


Biografi Michael Dell - Nama lengkapnya Michael Saul Dell Lahir 23 Februari 1965, Houston, Texas, Amerika Serikat. Michael Dell adalah pendiri perusahaan komputer Dell Inc. Salah satu pengusaha pengusaha sukses asal Amerika, ia juga seorang penulis, yang dikenal sebagai pendiri dan CEO dari Dell, Inc. Ayah dan ibu yang bekerja sebagai manajer keuangan. Dia menciptakan salah satu perusahaan komputer yang paling menguntungkan di dunia dengan penjualan tahunan sampai $ 50 miliar dolar Amerika. Dell juga menjadi salah satu orang terkaya di dunia dengan daftar posisi ke-4 dalam daftar Forbes kaya Amerika pada tahun 2005 dengan estimasi senilai $ 18 miliar.


Ia pertama kali memulai proyek komputernya saat berusia 15 tahun. Saat itu, karena ingin tahu ia membongkar komputer baru Apple II untuk melihat komponen-komponennya dan mencoba merakitnya kembali.



Sebagai mahasiswa dari Universitas Texas di Austin, Dell memulai bisnis komputernya (awalnya bernama PC’s Limited) pada tahun 1984 dengan modal awal sebesar $ 1.000, pekerjaan itu dijalankanya part time. Pada paruh kedua tahun pertamanya, Dell telah menjual komputer senilai $ 80.000. Dia keluar dari perguruan tinggi pada usia 19 untuk menjalankan perusahaan full time, akhirnya go public pada tahun 1988. PC’s Limited kemudian berganti nama menjadi Dell Computer Corporation dan akhirnya menjadi Dell, Inc.


Pada tahun 1992, di usia 27 tahun, Dell menjadi CEO termuda yang memiliki perusahaannya di peringkat dalam daftar majalah Fortune dari 500 perusahaan teratas. Pada tahun 1996, Dell mulai menjual komputer melalui Web, tahun yang sama perusahaan itu meluncurkan server pertama. Dell Inc segera melaporkan sekitar $ 1 juta dalam penjualan per hari dari dell.com. Pada kuartal pertama tahun 2001, Dell Inc meraih pangsa pasar dunia 12,8 persen, melewati Compaq untuk menjadi pembuat PC terbesar di dunia. Metrik menandai pertama kalinya peringkat telah bergeser selama tujuh tahun sebelumnya. pengiriman gabungan perusahaan dari desktop, notebook dan server di seluruh dunia tumbuh 34,3 persen dan 30,7 persen di Amerika Serikat pada saat penjualan pesaing menjadi sempit.


Produk Dell pun sudah terdiversifikasi dari bisnis intinya. Saat ini, ia bukan hanya menjual komputer pribadi (PC), komputer jinjing (laptop) atau komputer server, melainkan juga media penyimpan (storage), printer, komputer genggam alias PDA, pemutar musik MP3, televisi plus berbagai jasa layanan komputer. Dell berkata, “Saat mendirikan bisnis ini di asrama mahasiswa, modal saya hanya 1000 dolar AS. Sekarang Dell telah berubah menjadi peritel komputer online terbesar di dunia. Penjualan online Dell via Internet mencapai rata-rata 30 juta dolar AS per hari.”


Pada tanggal 4 Maret 2004, Dell mengundurkan diri sebagai CEO Dell Inc tetapi tetap sebagai ketua dewan, sementara Kevin B. Rollins, kemudian Presiden dan COO, menjadi presiden dan CEO. Ia menjabat di Dewan Yayasan Forum Ekonomi Dunia dan komite eksekutif Dewan Bisnis Internasional. Ia juga menjadi Dewan Penasehat Presiden AS mengenai Sains dan Teknologi dan duduk di pengurus Indian School of Business di Hyderabad. Pada tanggal 31 Januari 2007, Dell kembali sebagai CEO menggantikan Rollins.


Kunci utama kesuksesan Dell adalah inovasi unik sang pendiri. Ia membuat gebrakan yang jauh berbeda dari yang dilakukan perusahaan komputer pada saat itu. Calon pembeli Dell bisa memesan langsung komputer sesuai keinginan mereka melalui telepon atau internet. Mereka bisa memasukkan spesifikasi komputer yang ingin dibeli secara online. Akibatnya Dell tidak perlu menyimpan stok barang atau melakukan investasi yang terlalu besar. Sebenarnya dengan melakukan strategi penjualan itu, Dell telah mengubah kelemahannya menjadi kekuatan. Karena modalnya terbatas, ia belum bisa memiliki kantor sendiri dan belum bisa memiliki banyak stok. Jadi ia melakukan bisnis dari asramanya. Ia tidak mengharap pelanggan untuk datang dan melihat “kantor”nya. Ia meminta calon pelanggan untuk memesan lewat telepon atau Internet sesuai keinginan mereka, tanpa perlu repot-repot datang. Ternyata strateginya berhasil.


Filosofi bisnis Dell adalah untuk meraih pangsa pasar PC melalui kombinasi pemotongan biaya, mengurangi waktu pengiriman, dan menyediakan layanan pelanggan yang sangat baik. Untuk melakukannya, ia mempekerjakan eksekutif berpengalaman, baik untuk mengisi pekerjaan di perusahaan dan untuk bertindak sebagai mentor pribadi, dan dia menekankan penjualan langsung di luar gerai ritel biasa. Pada tahun 1992 Dell menjadi CEO termuda dalam sejarah yang memiliki perusahaan besar dan masukkan daftar majalah Fortune dari 500 perusahaan top. Dalam bukunya langsung dari Dell: Strategi Itu sebuah revolusi Industri (1999), Dell dijelaskan cerita perkembangan perusahaan dan diberikan strategi yang berlaku untuk semua bisnis.


Pada tahun 1999 Dell dan istrinya, Susan, membentuk Michael & Susan Dell Foundation untuk mengelola investasi dan upaya filantropi keluarga Dell. Melalui yayasan, Dell menggunakan sebagian dari kekayaan pribadinya untuk membantu anak-anak di seluruh dunia dengan berfokus pada kesehatan, pendidikan, keamanan, pengembangan generasi muda, dan perawatan anak usia dini, yang pada tahun 2005 memberikan sumbangan lebih dari $ 1 miliar, memberikan jutaan dolar untuk membantu korban tsunami 2004 di Asia selatan. Pada tahun 2006 ia juga menyumbang $ 50 juta kepada University of Texas di Austin.


Penghargaan untuk Dell meliputi: "Pengusaha Terbaik" (pada usia 24) dari majalah Inc ; CEO "Top di Amerika Bisnis" dari majalah Worth; "CEO Tahun" dari Keuangan Dunia, Industri Minggu dan Chief Executive majalah. Dell melayani di Dewan Yayasan Forum Ekonomi Dunia, komite eksekutif dari International Business Council, Dewan Bisnis Amerika Serikat, dan pengurus Indian School of Business di Hyderabad, India. Sebelumnya menjabat sebagai anggota Presiden AS Dewan Penasehat pada Sains dan Teknologi.


Michael telah menerbitkan bukunya sebagian otobiografi "langsung Dell Dari: Strategi Itu sebuah revolusi Industri". Buku ini ditulis dalam gaya, menghibur cepat tanggung yang menjelaskan bagaimana Dell berbalik perusahaannya senilai $ 1.000 ke mega-korporasi lebih dari $ 100 miliar.


Pada 2010, Forbes memperkirakan nilai bersih Dell di $ 13,5 milyar.


Referensi :


http://kolom-biografi.blogspot.com/2010/05/biografi-michael-dell-pendiri-dell.html


http://id.wikipedia.org/wiki/Michael_Dell








Source http://www.kolombiografi.com/2013/11/biografi-michael-dell-pendiri.html

No comments:

Post a Comment

SLAWI.net | Powered by Blogger