Nov 17, 2013

Profil Facebook bisa dijadikan alat berpolitik | merdeka.com

http://ifttt.com/images/no_image_card.png

Reporter : Yoga Tri Priyanto | Sabtu, 16 November 2013 18:37


Merdeka.com - Internet di Vietnam sangat politis. Tanggal 4 Oktober lalu, Jenderal Vo Nguyen Giap, pahlawan Vietnam yang paling disegani, meninggal dunia. Sebagai tanda penghormatan terhadapnya, ratusan bahkan ribuan foto profil Facebook di Vietnam diganti dengan gambar wajah Giap.


Ini bukan pertama kalinya foto profil di Facebook dibuat menjadi konten politik di Vietnam. Di tahun 2011 dan 2012, hal yang sama terjadi ketika Vietnam dan China bertikai memperebutkan beberapa pulau. Gambar yang Anda lihat di bawah terpasang di semua wall Facebook orang-orang di Vietnam dan juga menjadi foto profil Facebook mereka. Dengan begitu foto profil di VIetnam sendiri sudah menjadi pernyataan perlawanan terhadap China.


Banyak orang di Vietnam mengganti foto profil mereka untuk situasi politik besar seperti wafatnya Giap dan perebutan pulau tersebut.


Tapi penggunaan foto profil di Vietnam biasanya tidak hanya digunakan untuk hal-hal berbau politik. Seringkali, pelajar dan pengelola acara akan mengganti foto profil Facebook mereka untuk mempromosikan sesuatu yang mereka dukung, dan itu sudah sangat biasa di negara tersebut.


Di tahun 2007, tanda-tanda munculnya kebiasaan ini mulai tumbuh. Sebagian besar anak muda (yang sekaligus sebagian besar dari populasi internet di Vietnam) ketika masuk ke Facebook, tidak memasang nama atau foto asli mereka. Seringkali, mereka menggunakan foto dari sebuah model atau karakter anime, dan bahkan menggunakan nama samaran hanya untuk iseng. Yahoo 360 adalah bagian dari evolusi ini. Dari tahun 2005 sampai 2010, Yahoo 360 adalah platform blog yang sangat mendominasi pasar. Di Zing Me, situs yang meniru Facebook, foto profil juga penuh dengan foto-foto palsu. Sebelum Facebook mulai masuk ke Vietnam, menggunakan gambar sebagai sebuah pernyataan atau alat mengemukakan pendapat adalah hal yang sangat biasa. Karena foto profil adalah foto pertama dan utama yang Anda lihat, menggantinya menjadi sesuatu selain foto sendiri adalah hal yang masuk akal.


Foto profil sebagai pernyataan politik


Ketika foto profil digunakan untuk mendukung sengketa Vietnam dengan China, Facebook dengan cepat diblokir agar tidak hanya membendung gelombang protes yang muncul, tapi menurut spekulasi, juga untuk membuat pengguna mengerti bahwa internet bukanlah tempat berpolitik.


Kejadian mengganti foto profil dengan foto Jenderal Giap memperlihatkan bahwa masyarakat Vietnam tidak suka dengan kondisi politik saat ini. Giap sendiri adalah pahlawan Vietnam dari abad ke-20, dan sampai sekarang masih dianggap pahlawan karena tidak adanya pahlawan yang muncul di abad ke-21. Peran Giap di perang, dan kurangnya tokoh yang menjadi panutan di Vietnam sudah menciptakan banyak diskusi yang membahas kurangnya kepemimpinan di negara yang sedang menghadapi perekonomian yang lambat dan marak korupsi ini. Tapi, kali ini, tidak ada pemblokiran terhadap Facebook. Lagipula, tindakan memblokir Facebook akan dianggap tidak sensitif dan bodoh. Kejadian ini juga mungkin bisa menjadi terakhir kalinya pengguna internet Vietnam bisa melakukan hal yang sama secara bebas. Hanya sedikit pelaku politik yang disegani layaknya Giap.


[ega]







Source http://www.merdeka.com/teknologi/profil-facebook-bisa-dijadikan-alat-berpolitik.html

No comments:

Post a Comment

SLAWI.net | Powered by Blogger