Apr 28, 2014

Biografi dan Foto Khairil Ghibran Seorang Puitis Dunia - www ...

http://ift.tt/S1hf4x


Biografi dan Foto Khairil Ghibran Seorang Puitis Dunia – Dia adalah sosok seniman yang cukup terkenal karena keindahan karya-karyanya. Kahlil Gibran merupakan seorang penyair ternama dimana karya-karyanya mencerminkan perpaduan antara budaya timur dan juga barat, penuh analogi, karayanya banyak disukai berbagai kalangan dan populer di seluruh dunia. Khairil Gibran lahir pada tanggal 6 Desember 1883 di sebuah kota kecil yang bernama Bisshari, Lebanon Utara. Karena kesulitan ekonomi di Lebanon, pada tahun 1894 kelaurga Gibran pindah ke Boston Amerika Serikat tahun. Bakat sastra Khairil Gibran terlihat sejak ia bersekolah di Boston. Pada tahun 1901 Khairil Gibran kembali ke Lebanon dan bersekolah di Madrasah Al-Hikmah Beirut.


Gambar Khalil Gibran


Setelah lulus ia mengembara ke berbagai negara seperti Yunani, Italia, Spanyol dan akhirnya menetap di Paris untuk mempelajari seni. Pada 1903 Gibran kembali ke Boston karena mendapat kabar bahwa ibunya sakit dan akhirnya meninggal. Sebelumn kematian ibunya, Khairil Ghibran telah terlebih dahulu kehilangan adik dan kakaknya. Kematian mereka sangat terasa mendalam didalam hatinya, inilah yang membuat Khairil Ghibran mencurahkan apa yang ia rasakan lewat karya-karyanya. Khairil Gibran. Ia juga melancarkan kritik sosial yang sangat tajam melalui tulisan-tulisan yang dibuatnya. Akibatnya, karya Khairil Gibran yang berjudul Spirits Rebellious di bakar oleh kalangan gereja didepan muka umum dan ia pun mendapat hukuman ekskomunikasi dari pimpinan gerja Beirut. Khairil Gibran menganggap kaum geraja penuh dengan ketidakadilan dan juga kemunafikan.


Ia mengkritik untuk apa dibangun geraja yang megah namun para penganutnya hidup dalam kemiskinan dan kesengsaraan. Kisah percintaan Khairil Gibran bisa dibilang sangat melankolis. Ia menjalin hubungan dengan dua wanita yaitu Marry Haskell danjuga May Zaidah. Mary adalah seorang wanita keturunan Amerika yang usianya 10 tahun lebih tua dari Khairil Gibran. Wanita itu banyak mewarnai karya-karyanya. Sedangkan May Zaidah adalah seorang wanita Arab kelahiran Nazareth yang menjalin hubungan cinta melalui surat menyurat dengan Khairil Ghibran sampai akhir hayat Khairil Gibran.


Hubungan asmaranya dengan May dituangkan dalam sebuah karyanya melalui kisah yang tidak terbayangkan karena selama menjalani hubungan Khairil Gibran tidak pernah melihat wajah May bahkan ia juga tak pernah melihat fotonya. Khairil Gibran meninggal dunia pada tanggal 10 April 1931 di Boston Amerika Serikat. Beberapa karya Khairil Ghibran yang cukup populernya antara lain Sang Pralambang , Sang Nabi, Pasir dan Buih, Taman Sang Nabi, Jiwa-Jiwa Pemberontak, Suara Sang Guru, Potret Diri, dan juga Sayap-sayap patah.


Barang kali hanya itu saja informasi mengenai Biografi Khairil Ghibran yang kiranya dapat kami berikan kepada anda, semoga saja artikel yang baru kami sajikan ini dapat bermanfaat bagi anda. Dan untuk anda yang ingin melihat informasi mengenai tokoh-tokoh lainnya, silahkan anda langsung melihat Biografi Barack Obama. Mungkin saja anda ingin mengetahui latar belakang kehidupan dari presiden amerika itu.


advertisements





Source http://ift.tt/1ityRei

No comments:

Post a Comment

SLAWI.net | Powered by Blogger