Apr 16, 2014

Nah Ketipu, Hati-Hati Aplikasi Pengintip Profil di FB | iBerita News

http://ift.tt/1qMlv3V


Nah Ketipu, Hati-Hati Aplikasi Pengintip Profil di FB

Nah Ketipu, Hati-Hati Aplikasi Pengintip Profil di FB



Advertisement


iBerita.com – Sebagai aplikasi yang paling populer di seluruh dunia, Facebook telah menjadikan banyak orang yang awalnya jauh menjadi sangat dekat, meskipun ada yang berpendapat bahwa gara-gara Facebook, orang-orang yang ada disekitarnya justru terasa jauh karena diabaikan. Namun yang lebih parah adalah keberadaan Facebook sering disalahgunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab, baik sekedar cari sensasi atau benar-benar melakukan aksi kejahatan.


Beberapa waktu ini, kita sering menjumpai notifikasi di akun kita yang menunjukkan adanya status seseorang yang mengatakan dia dapat melihat orang-orang yang mengintip profilnya. Awalnya itu seperti menarik, tetapi jika disadari itu berkali-kali dilakukan oleh orang lain dengan model yang sama. Jika kita cermat tentu itu bukan kerjaan orang tersebut, dan jika itu fitur-fitur yang dibawa FB seharusnya dapat terkendali dan tidak terus-menerus mengganggu karena notifikasi yang berkali-kali.


Ternyata itu adalah buah kejahatan siber dengan sejumlah aksi SelfXSS (Self Cross Site Scripting) dengan tema:




  • BBM for Facebook.

  • Aplikasi pengintip profil Facebook.

  • Trik mengetahui password Facebook teman Anda.


Status otomatis yang terbentuk akibat aksi itu adalah seperti berikut, “Asyik… Bisa liat password FB teman. Makasih banyak ya buat yg udah buat aplikasinya. Kalian mau tau juga caranya? Tapi jangan kasih tau siapa-siapa yah? Caranya gampang banget kok, lihat aja caranya di….”. Ternyata itu adalah jebakan untuk mengelabui korban. Rasa penasaran yang dibangun akan menjadikan korban melakukan hal-hal yang ditawarkan dan akhirnya akun pengguna akan dieksploitasi para penjahat siber itu setelah para korban mengikuti instruksi menarik yang sebenarnya adalah jebakan itu.


Laporan yang dirilis oleh Vaksincom telah memantau dua situs eksploitasi SelfXSS sudah melakukan sejumlah mention dengan total 300.000 mention. Boleh jadi aksi ini masih akan terus berlanjut dengan tema yang berbeda. Maka para pengguna Facebook harus tetap berhati-hati dan tidak terpancing untuk mencoba-coba hal yang tidak jelas seperti itu. Istilahnya adalah menjalankna Web console [Ctrl] [Shift] [K] di Firefox atau [Ctrl] [Shift] [J] di Chrome dan mengkopikan kode yang telah dipersiapkan sebelumnya. Sekali lagi, mari berhati-hati.


Advertisement







Source http://ift.tt/1qMlvkb

No comments:

Post a Comment

SLAWI.net | Powered by Blogger