Apr 18, 2014

Biografi Idi Amin Dada | Rigiawan Heck In

http://ift.tt/1ixHXLk




idi-amin.jpg

Nama Lengkap

Idi Amin

Alias

No Alias

Kategori

-

Agama

-

Tempat Lahir

-

Tanggal lahir

-

Zodiac

-

Hobby

-

Warga Negara

Uganda

No Relation

BIOGRAFI


Idi Amin Dada adalah Presiden Uganda ketiga yang berkuasa selama hampir satu dekade pada 1971 - 1979.


Amin tidak pernah menulis biografi tentang dirinya sendiri sehingga tidak ada yang tahu kapan tepatnya tanggal kelahirannya.


Namun, catatan dari beberapa sumber menyebut Idi Amin dilahirkan sekitar 1925 di Koboko, Provinsi Nil Utara, Uganda.


Ditinggal pergi ayahnya sejak kecil, Idi Amin menjalani kerasnya hidup bersama ibunya dengan bertani.

Pada 1941, ia masuk ke sebuah sekolah Islam di Uganda dan beberapa tahun kemudian melanjutkan hidup dengan bekerja serabutan sampai akhirnya direkrut, atau dipaksa bergabung menurut Amin, sebagai anggota Angkatan Bersenjata oleh seorang Kolonel Inggris.


Pada 1949, Amin dikirim ke wilayah utara Kenya untuk melawan pemberontakan Somali.

Pada 1953, ia dipromosikan sebagai kopral dan 6 tahun berikutnya memperoleh penghargaan Afande, jabatan tertinggi bagi orang kulit hitam dalam Angkatan Bersenjata Inggris. Pada 1965, Amin bekerja sama dengan Perdana Menteri Milton Obote untuk menyelundupkan gading dan emas dari Zaire ke Uganda.


Setahun berikutnya, ia dipercaya sebagai Kolonel Angkatan Darat Uganda oleh Presiden saat itu, King Mutesa II.

Namun, tiga tahun kemudian Amin melakukan kudeta untuk merebut kekuasaan Mutesa dan mengasingkan Presiden tergusur tersebut ke Inggris hingga akhir hayatnya.


Pada 2 Februari 1971, Idi Amin memproklamirkan diri sebagai Presiden Uganda sekaligus pemegang kekuasaan tertinggi atas Angkatan Darat, Laut, dan Udara negara tersebut.


Menjalankan roda pemerintahan secara tiran, tak urung kediktatoran Amin membuat Uganda mengalami berbagai perang saudara.


Ia memulai masa pemerintahannya dengan perintah membasmi suku Acholi dan Lango karena dinilai berbahaya terhadap kekuasaannya.


Pasca perintah tersebut, pembunuhan lain berdasar motif etnik, ekonomi, dan politik saling susul menyusul selama delapan tahun dengan jumlah korban yang tak terhitung lagi.


Pada 20 juli 2003, salah satu istri Amin, Madina, melaporkan bahwa penguasa tiran tersebut sedang koma dan hampir meninggal dunia di Rumah Sakit King Faisal, Jeddah, Arab Saudi.


Berkisar sebulan kemudian, laporan resmi dari pihak berwenang menyebut bahwa Amin meninggal pada 16 Agustus 2003 di Jeddah dan dimakamkan di Pemakaman Ruwais, Jeddah.




PENDIDIKAN - KARIR

|1971 Presiden Ketiga Uganda|




|1966 Kolonel Angkatan Darat Uganda|




PENGHARGAAN

Afande (jabatan tertinggi bagi kulit hitam di Angkatan Bersenjata Inggris).








Source http://ift.tt/1jerEjd

No comments:

Post a Comment

SLAWI.net | Powered by Blogger