Manfaat Menguap Bagi Kesehatan Manusia

Sering kali orang menganggap kalau menguap itu adalah tanda datangnya rasa ngantuk atau kelelahan. Namun sebaiknya jangan selalu beranggapan begitu sebab menguap bisa berarti karena otak kita memiliki suhu yang sangat tinggi dan butuh untuk didinginkan.
Fungsi sebenarnya dari menguap adalah sebagai pendingin yang berguna bagi kesehatan yang banyak belum diketahui orang. Para peneliti dari Princeton Yniversity, AS menemukan bahwa menguap dengan lebar dapat mengurangi suhu dari otak dan mencegahnya dari kepanasan.
Profesor Andrew Gallup, pimpinan peneliti, dan para kolega yang melakukan sebuah penelitian di musim dingin, meminta 80 pejalan kaki secara acak untuk melihat gambar orang yang menguap. Kemudian, ia membuat catatan untuk melihat apakah para responden itu juga turut serta menguap. Penelitian itu juga dilakukan selama musim panas. Diketahui bahwa ada setengah dari responden yang menguap di musim dingin. Sementara itu, hanya seperempat yang menguap di musim panas.
Hal ini membuat para peneliti yakin bahwa menguap dapat berfungsi untuk mendinginkan otak. Awalnya terlihat berlawanan. menurut profesor Gallup, menguap mendinginkan otak melalui pertukaran panas dengan udara dingin, yang masuk ke dalam. Meski begitu, sistem ini tak akan bekerja ketika cuacanya panas.
"Sedikitnya 40 persen dari responden (pada musim panas dan dingin) menguap di lima menit pertama ketika mereka di luar. Persentase yang menguap di musim panas berkurang hingga kurang dari 10 persen setelahnya," kata Gallup, seperti dikutip dari laman Daily mail.
Hal ini juga membantu menerangkan mengapa orang menjadi bingung dan tak konsentrasi ketika cuaca panas sedang ekstrim. Ini lantaran otak memiliki cara yang terbatas untuk pendinginan.Para ilmuwan mengatakan hasil penelitian itu menghasilkan sebuah pemahaman yang lebih baik dari kondisi syaraf terkait seperti penyakit syaraf motor atau epilepsi.
(yud);Editor:AA Ariwibowo, Opung

Comments

Popular posts from this blog

Profil Vitalia Sesha Model Di Kasus Suap Daging Impor - Tercanggih

Profile dan biodata Angkasa Band

Talent Pilihan SlideGossip : Andrean Saputra