Profil Biodata Budi Hartono


Profil Biodata Budi Hartono | orang terkaya di Indonesia

Profil Biodata Budi Hartono
Robert Budi Hartono (Terlahir dengan nama Oei Hwie Tjhong) di Kudus tahun 1941 adalah Seorang Pengusaha Indonesia Keturunan Tionghoa yg merupakan CEO dari perusahaan rokok kretek terbesar di Indonesia, Djarum.

Budi Hartono adalah adik dari Michael Bambang Hartono (Oei Hwie Siang) yg juga merupakan pemilik Perusahaan Djarum

Budi Hartono adalah anak kedua dari Oei Wie Gwan, pendiri Pabrik Rokok Djarum. Ia adalah orang terkaya ke-10 di Asia Tenggara dan ke-321 di dunia pada tahun 2005 menurut majalah Forbes, dengan kekayaan sebesar 2,3 miliar dolar AS. Sebelumnya, pada tahun 2004, ia berada di posisi ke-8 dengan kekayaan sebesar 2,2 miliar dolar AS.

Pada bulan Juli 2007, majalah Globe Asia menyatakan Budi Hartono sebagai orang terkaya di Indonesia dengan kekayaan 4,2 miliar dolar AS atau sekitar 37,8 triliun rupiah, dan pada tahun 2010, majalah Globe Asia juga menyatakan Budi Hartono menjadi orang kaya di Indonesia dengan kekayaan yang melesat menjadi 4,8 milyar dollar US atau 44 triliun rupiah (duit semua x yha tuh??)

Selain Djarum, Robert dan Michael adalah pemegang saham terbesar di Bank Central Asia. Mereka berdua melalui Farindo Holding Ltd. menguasai 51 persen saham BCA.

Dua Bos Djarum Kuasai BCA
Dua bos Djarum Group, Robert Budi Hartono dan Michael Bambang Hartono, kini menjadi pemegang saham utama di PT Bank Central Asia Tbk (BCA). Keduanya melalui Alaerka menguasai 92,18 persen saham Farindo Investment Ltd yang memiliki 51 persen saham BCA.

Sedangkan pemilik Farindo lainnya adalah perusahaan investasi asal AS yakni Farallon Capital yang memiliki saham Farindo sebesar 7,82 persen
Semula, Alaerka hanya memiliki saham Farindo 9,36 persen sedangkan Farallon mencapai 90,64 persen. Berubahnya komposisi di Farindo, membuat Alaerka secara tidak langsung menguasai 46 persen saham BCA.

Sebelum menjadi penguasa mayoritas BCA, Grup Djarum memiliki dua bank yakni Bank Haga dan Bank Hagakita.

Arsitektur Perbankan
Namun pada 13 Juli 2006, Bank Haga dan Bank Hagakita dilego ke Rabbobank Group yang berkedudukan di Belanda. Bank Haga dan Bank Hagakita memiliki aset gabungan Rp 3,97 triliun per 31 Desember 2005. Kedua bank ini memiliki 78 kantor cabang yang tersebar di Jawa, Bali dan Sumatra bagian selatan dengan 1.537 karyawan.

Grup Djarum mulai aktif memikirkan langkah Bank Haga dan Bank Hagakita setelah keluarnya aturan Arsitektur Perbankan Indonesia (API) dan single presence policy (SPP).

Kini setelah melepas Bank Haga dan Bank Hagakita, Djarum bisa lebih fokus memiliki BCA dengan kapitalisasi pasar mencapai Rp 61,665 triliun.




Comments

Popular posts from this blog

Profil Vitalia Sesha Model Di Kasus Suap Daging Impor - Tercanggih

Profile dan biodata Angkasa Band

Talent Pilihan SlideGossip : Andrean Saputra