Hari Ini, Indonesia Siap Lawan Malaysia!

Hari ini, Rabu tanggal 1 Desember 2010, tim sepakbola nasional Indonesia akan bertanding melawan timnas Malaysia. Sepertinya akan menjadi pertandingan yang seru mengingat timnas Indonesia telah berkutat dengan latihan dan empat uji coba internasional, kini akan bertarung di Piala AFF 2010. Timnas Indonesia bakal meladeni tantangan timnas Malaysia di laga perdana Grup A yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, hari ini Rabu tanggal 1 Desember 2010. Pertandingan sepakbola Indonesia vs Malaysia ini akan disiarkan secara langsung di RCTI mulai pukul 19.30 WIB.
Melihat perkembangannya, Malaysia memang bukan lawan sembarangan buat timnas Indonesia. Dalam beberapa tahun terakhir, tim sepakbola negeri Jiran ini berkembang pesat. Saat tim Merah Putih terhenti di fase grup cabang sepak bola SEA Games 2009, Malaysia justru tampil sebagai juara. Kemudian, ketika Indonesia hanya menjadi penonton, Malaysia bermain impresif lolos ke babak perempat final Asian Games 2010 Guangzhou.
Keberhasilan Malaysia meningkatkan prestasi sepak bola diakui oleh manajer timnas Indonesia, Andi Darussalam Tabusalla. Ia menilai laga pembuka ini akan menjadi jalan terjal yang harus dilalui tim Merah Putih. "Keberhasilan kami ditentukan di laga pembuka ini. Meski berat kami akan berupaya maksimal untuk mengalahkan Malaysia yang menurunkan pemain mudanya yang berlaga di Asian Games," ucap Andi di Senayan, Selasa (1/12/2010).
Peluang pasukan Garuda sebenarnya cukup terbuka karena delapan pemain Malaysia yang tampil di Asian Games tidak bisa bermain akibat cedera. Akibatnya, pelatih K Rajagopal memanggil enam pemain senior untuk memperkuat tim muda Malaysia ini. Butuh waktu bagi para pemain tersebut untuk menyatu dengan tim. Selain itu, rekor pertemuan kedua tim memihak Indonesia. Pada tiga pertemuan terakhir di Piala AFF sejak 2002, Indonesia memenangi dua laga. Satu pertandingan lain menjadi milik Malaysia.
Hanya saja, menurut pelatih timnas Indonesia, Alfred Riedl, fakta ini tidak bisa dijadikan patokan Indonesia akan memenangi laga dengan mudah. Pelatih asal Austria ini justru menilai kekuatan Malaysia menjadi sulit diraba dengan kehadiran pemain pengganti tersebut. "Selain buta dengan kemampuan individu mereka, pemain pengganti tersebut pasti memiliki motivasi lebih untuk bermain bagus di laga nanti. Tapi dengan suasana tim yang makin kondusif, saya cukup optimistis kita bisa memenangi pertandingan nanti," kata Riedl usai uji coba di lapangan Gelora Bung Karno, Jakarta.
Riedl sudah memastikan 22 pemain timnas Indonesia yang akan tampil di Piala AFF 2010. Ia memanggil Yesayas Desnam (Persiwa Wamena) untuk mengisi posisi bek tengah yang ditinggalkan Nova Arianto, pemain Persib Bandung yang mengalami cedera pangkal paha. Riedl kemudian mencoret bek sayap Slamet Riyadi (Persela Lamongan) dan striker Dendi Santoso (Arema Indonesia). "Sulit untuk melakukan keputusan ini karena keduanya pemain potensial," ucap Riedl. "Tapi, kami harus menentukan 22 nama pemain inti sesuai regulasi. Apalagi pemain di posisi mereka sudah cukup," tambahnya.
(Endro Yuwanto, Israr);foto:catatanbola.wordpress.com

Comments

Popular posts from this blog

Profil Vitalia Sesha Model Di Kasus Suap Daging Impor - Tercanggih

Profile dan biodata Angkasa Band

Talent Pilihan SlideGossip : Andrean Saputra