Layanan E-mail Dari Facebook Adalah Bentuk Komunikasi Masa Depan

Jika selama ini untuk mengakses berbagai fitur Facebook, para pengguna harus masuk ke dalam setiap menu. Namun, ke depan komunikasi bakal lebih mudah dengan inbox tunggal dengan diluncurkannya layanan e-mail dari Facebook.com. Nah, benarkah setiap pengguna bisa punya alamat e-mail @facebook.com? "Benar bahwa orang-orang dapat memiliki alamat e-mail Facebook.com, tapi itu sebenarnya bukan e-mail, tetapi layanan yang mengelola e-mail," ujar Mark Zuckerberg di San Francisco, Senin (15/11/2010). Layanan ini menggabungkan bentuk komunikasi, seperti chat, SMS, dan komunikasi real time ke dalam e-mail. Menurut Zuckerberg, format e-mail konvensional saat ini mulai ditinggalkan anak-anak muda.
Namun alamat e-mail di Facebook.com ini belum dapat dinikmati semua orang. Kabarnya layanan komunikasi terintegrasi dari Facebook ini baru bisa diperoleh melalui undangan terbatas. Bahkan saking langkanya, sebuah undangan untuk membuat alamat e-mail di Facebook.com sampai dilelang di eBay dan terjual 710 dollar AS atau lebih dari Rp 6 juta.
Total ada 10 orang yang menawar dalam lelang yang hanya berlangsung dua hari tersebut. Dibuka dengan harga 0,99 dollar AS pada 15 November pukul 13.25, harga penawaran kemudian terus naik dari angka 10 dollar AS hingga ditutup pada penawaran ke-47 pada harga 710 dollar AS, tanggal 16 November pukul 13.23. Pemenang lelang akan mendapat akses ke undangan tersebut dan membuat alamat e-mail sesuai keinginannya.
Menurut pelelangnya, Nick O'neill, lelang email di Facebook ini memang bukan sekadar mencari keuntungan pribadi. Bahkan, seluruh hasil lelang akan disumbangkan kepada Susan G Komen for the Cure, lembaga nonprofit yang membantu penyembuhan pasien kanker. Bisa jadi, pembeli e-mail ini memang tak sabar untuk bisa mencoba social inbox yang ditawarkan Facebook atau juga ingin menyumbang dengan cara berbeda. Di eBay pun kini sudah ada lelang e-mail Facebook kedua yang sama-sama ditujukan untuk menyumbang yayasan kanker tersebut. Sampai 18 November pukul 15.00, lelang masih berlangsung hingga nilai penawaran 260 dollar AS.
Buat yang tak ingin merogoh kocek untuk menikmati e-mail yang disebut-sebut revolusioner tersebut, bersabarlah. Facebook berjanji akan menyediakan alamat e-mail di Facebook.com bagi semua pengguna secara bertahap.
Pendiri Facebook, Mark Zuckerberg membantah anggapan sejumlah pengamat bahwa layanan ini akan menjadi pesaing Gmail dan Yahoo!Mail. Justru, Zuckerberg berharap layanannya bisa digunakan untuk melengkapi e-mail yang dimiliki pengguna. "Kami tidak mengharapkan ada orang yang besok bangun dan mengatakan, 'Saya akan menghentikan akun e-mail Yahoo atau Gmail saya'," ujar Zuckerberg.
Alamat e-mail Facebook menyediakan alat komunikasi bagi semua orang, baik yang tengah mengakses Facebook maupun tidak. Sebab, semua pesan masuk ke dalam inbox dan tinggal jawab. Facebook yakin dalam enam bulan, setahun, atau dua tahun ke depan, pengguna sadar bahwa beginilah bentuk komunikasi masa depan yakni komunikasi dua arah langsung.
penulis:Tri Wahono;editor: Tri Wahono,Opung;foto:ebay

Comments

Popular posts from this blog

Profil Vitalia Sesha Model Di Kasus Suap Daging Impor - Tercanggih

Profile dan biodata Angkasa Band

Talent Pilihan SlideGossip : Andrean Saputra