Laporan dan Hasil Pertandingan Liga Spanyol Barcelona VS Real Madrid

Berita dan laporan liputan terkini pertandingan sepakbola Liga Spanyol antara Barcelona vs Real Madrid. Di indonesia, pertandingan sepakbola antara Barcelona melawan Real Madrid ini disiarkan langsung di TVOne pada Selasa pagi, 30 November 2010 mulai pukul 02.30 WIB. Awal pertandingan, Barcelona unggul dengan skor pertandingan 2-0 atas Real Madrid, sampai akhir babak pertama pertandingan Liga BBVA pekan ke-13, di Camp Nou, pada hari Senin atau Selasa tanggal 30 November 2010 dini hari WIB. Pertandingan ini diwarnai insiden didorongnya manajer Barcelona, Josep "Pep" Guardiola oleh gelandang Madrid, Christiano Ronaldo dan penyikutan Ricardo Carvalho kepada Lionel Messi.
Pertandingan berlangsung sengit dan panas sejak menit awal. Namun, dengan penguasaan bola, Barcelona mampu meredam gempuran Madrid dan melepaskan sejumlah ancaman. Peluang gol terbaik pertama pertandingan ini terjadi pada menit keenam. Saat itu, dari tengah kotak penalti, Lionel Messi menyambut umpan Carles Puyol dengan sebuah tembakan, yang sayangnya hanya membentur tiang kanan kiper Iker Casillas.
Tak mau kehilangan momen, Barcelona mempertahankan tekanannya. Meski kesulitan mengatas pressing ketat tim tamu, mereka mampu unggul melalui Xavi Hernandez pada menit kesepuluh. Gol bermula saat umpan terobosan Andres Iniesta kepada Xavi Hernadez di tengah kotak penalti. Dalam kawalan Marcelo, Xavi berhasil mengontrol bola dan memasukkannya ke sudut kanan atas gawang Iker Casillas.
Setelah itu, Madrid mencoba bangkit dan mampu melepaskan ancaman beruntun melalui Angel DI Maria pada menit ke-12 dan Sergio Ramos pada menit ke-14. Namun, sementara tembakan Di Maria diamankan Victor Valdes, eksekusi Ramos melenceng keluar lapangan. Madrid belum menciptakan ancaman baru, ketika Barcelona memperbesar keunggulan melalui Pedro pada menit ke-19.
Gol bermula dari pergerakan David Villa di sisi kanan pertahanan Madrid. Dalam kawalan Sergio Ramos, ia berhasil melepaskan umpan silang. Iker Casillas berhasil menepis bola. Namun, Pedro yang berada di dekat Casillas, berhasil menjangkau bola dan menjejalkannya ke gawang. Keadaan tertinggal membuat Madrid semakin mengencangkan serangannya. Namun, Barcelona bereaksi cepat meningkatkan pertahanan mereka.
Permainan pun berlangsung sengit oleh perebutan bola dan usaha membangun serangan. Namun, bukannya berujung gol, peningkatan suhu persaingan malah berujung perselisihan kedua kubu, menyusul aksi Ronaldo mendorong Guardiola pada menit ke-30 pertandingan yang berlangsung pada tanggal 30 Nopember 2010 ini.
Insiden bermula dari aksi Ronaldo memungut bola yang keluar lapangan, di dekat kursi cadangan. Sebelum Ronaldo memungut bola, Pep mendahuluinya dan melempar bola ke lapangan. Ronaldo kemudian mendorong Pep. Pemain Barcelona tidak terima pelatih mereka diperlakukan begitu. Perselisihan pun terjadi dan baru mereda setelah wasit mengacungkan kartu kuning kepada Ronaldo dan Victor Valdes.
Insiden berikutnya adalah ketika Lionel Messi disikut oleh Carvalho pada menit ke-45. Insiden bermula dari terjatuhnya Messi setelah berkontak dengan Carvalho. Messi bangkit dan menghampiri Carvalho. Carvalho yang memang dalam posisi memunggungi Messi mengayunkan tangan sehingga sikutnya mengenai muka Messi. Terhadap kejadian ini, wasit memberikan kartu kuning kepada Messi.
Sayang, meningkatnya atmosfer rivalitas hanya membuahkan insiden-insiden kontra-fairplay, bukan gol, seperti tampak dari angka 2-0 di papan skor yang tak berubah sampai peluit turun minum berbunyi. Selama 45 menit pertama, Barcelona menguasai bola sebanyak 68 persen dan menciptakan dua tembakan akurat dari tujuh usaha. Adapun, Madrid menciptakan dua peluang emas dari empat percobaan.
Barcelona semakin meraja lela pada pertandingan "El Clasico" antara Barcelona lawan Real Madrid dalam lanjutan Liga BBVA, Senin atau Selasa (30/11/2010) dini hari WIB. Sampai menit ke-58, "El Barca" sudah unggul 4-0. Barcelona semakin percaya diri. Sebaliknya, Madrid semakin panik dan kerepotan. Dua gol tambahan Barcelona ini disumbangkan oleh David Villa. Pertama memanfaatkan umpan Lionel Messi pada menit ke-55. Tiga menit kemudian, dia sukses memanfaatkan umpan terobosan Messi kembali hingga skor pertandingan menjadi 4-0. Pada menit ke-90 Barcelona mengukuhkan keunggulannya saat J. Suarez memasukkan bola ke gawang Real Madrid dan skor pertandingan menjadi 5-0 hingga menit terakhir.
Berikut ini adalah susunan pemain dari tim Barcelona :
* Victor Valdes
* Carles Puyol

* Gerard Pique

* Eric Abidal
* Dani Alves
* J. Suarez
* Sergio Busquets

* Andres Iniesta

* Xavi Hernandez

* Pedro
* David Villa

* Lionel Messi
Dan berikut ini adalah susunan pemain dari tim Real Madrid :
* Iker Casillas
* Ricardo Carvalho

* Pepe

* Marcelo

* Sergio Ramos
* Xabi Alonso
* Sami Khedira

* Cristiano Ronaldo
* Angel Di Maria

* Mesut Oezil

* Karim Benzema

penulis:TUR;editor:Opung, Tjatur Wiharyo;foto:AFP

Comments

Popular posts from this blog

Profil Vitalia Sesha Model Di Kasus Suap Daging Impor - Tercanggih

Profile dan biodata Angkasa Band

Talent Pilihan SlideGossip : Andrean Saputra