Buah Zakar Kendur Pertanda Ada Penyakit?

Pemeriksaan buah zakar atau testis meliputi : (1) terletak di skrotum, inguninal, tidak teraba, ektopik (2) jumlah (3) letak retraktil, ektopik, inkomplit (4) volume (5) konsistensi lunak, kenyal dan keras (6) nyeri atau tidak.
Adanya buah zakar yang kendor menandakan volume testis berkurang. Normalnya volume testis yang diukur dengan menggunakan orchidometer 15 ml atau penjumlahan keduanya adalah 30 ml. Konsistensi atau kekenyalan testis seperti bakso yang bila melunak akan terasa seperti kapas.
Penyakit yang dapat menyebabkan berkurangnya volume testis seperti setelah radang testis (orchitis) baik oleh virus maupun bakteri, torsio testis (terpelintir), varikokel (pembesaran pembuluh darah balik di alat genital pria, maupun karena faktor usia.
Pria sekitar usia 40 tahun ke atas akan mengalami perubahan hormonal yang berdampak pada kehidupannya. Perubahan tersebut merupakan bagian dari proses penuaan yang wajar. Kemampuan testis untuk memproduksi sperma maupun hormon juga akan menurun seiring dengan penurunan fungsi testis itu sendiri. Untuk memastikan apakah ada kelainan atau penyakit pada penis, sebaiknya konsultasikan saja ke dokter terdekat. Dengan demikian apa yang menyebabkan buah zakar kendur juga bisa diketahui.
(Op)

Comments

Popular posts from this blog

Profil Vitalia Sesha Model Di Kasus Suap Daging Impor - Tercanggih

Profile dan biodata Angkasa Band

Talent Pilihan SlideGossip : Andrean Saputra