Status Gunung Merapi Terkini Meningkat Jadi Rawan

Status Gunung Merapi terkini. Akses menuju ke kawasan wisata Kaliurang dan daerah-daerah rawan bahaya utama di kaki selatan Gunung Merapi ditutup sejak Senin tanggal 25 Oktober 2010 pukul 10.00 WIB. Penutupan terutama dilakukan di pertigaan Km 20 dan perempatan Dusun Boyong, Sleman dari arah bawah ke Kaliurang. Dikabarkan status Gunung Merapi kini meningkat menjadi rawan.
Upaya ini dilakukan menyusul peningkatan status Merapi dari waspada ke awas pada pukul 06.00 WIB. Sejak dinihari hingga pagi tadi sekitar pukul 08.00 WIB cuaca di kawasan puncak cerah, dan puncak gunung terlihat sangat jelas.
Kedua titik lokasi penutupan itu dijaga warga, petugas Polsek Pakem, dan aparat pemerintahan setempat. Penutupan dilakukan terbatas untuk warga dari luar, pengunjung tempat wisata. Kendaraan roda empat, kecuali berizin khusus, dilarang masuk.
Suasana di Kaliurang relatif sepi karena semua losmen, hotel, dan tempat penginapan kosong. Warga setempat berjaga-jaga di lorong-lorong kampung, dan bersiap mengungsi jika sudah ada perintah. Siang ini kaum lansia dan bayi balita akan diungsikan lebih dulu ke tempat aman.
Bupati Sleman Sri Purnomo siang ini akan melakukan peninjauan maraton ke barak-barak pengungsian di Pakem, Turi, dan seputar wilayah Cangkringan. Sementara dari Pos Pengamatan Merapi di Kaliurang, puncak Merapi sekitar pukul 10.30 WIB ini tak terlihat karena tertutup kabut tebal.
(Tribun Jogja/Setya Krisna Sumargo)

Comments

Popular posts from this blog

Profil Vitalia Sesha Model Di Kasus Suap Daging Impor - Tercanggih

Profile dan biodata Angkasa Band

Talent Pilihan SlideGossip : Andrean Saputra