Ini Dia Strategi Baru Alfred Riedl Buat Kalahkan Malaysia

Ini dia strategi baru timnas Indonesia untuk mengalahkan Malaysia. Pelatih tim nasional Indonesia, Alfred Riedl, mengaku akan mengubah strategi timnya saat menjamu Malaysia pada final leg kedua Piala AFF 2010, Rabu tanggal 29 Desember 2010 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta. Dengan begitu, ia mengaku berharap pasukan "Merah Putih" bisa memetik kemenangan pada pertandingan final kedua nanti.
Indonesia memiliki peluang tipis untuk menjadi juara setelah ditundukkan "Harimau Malaya" tiga gol tanpa balas pada final pertama kemarin. Setidaknya, Firman Utina dan kawan-kawan membutuhkan empat gol tanpa balas untuk meraih gelar juara AFF 2010.
Namun sayangnya, persiapan pasukan "Garuda" sedikit terganggu karena beberapa pemain seperti Markus Horison dan Yongki Aribowo cedera. Kedua pemain tersebut terlihat berlatih terpisah dalam sesi latihan kemarin sore. Selain itu, Oktovianus Maniani dipastikan tidak bisa tampil pada laga nanti akibat akumulasi kartu. Posisinya kemungkinan besar akan digantikan oleh Arif Suyono. Maka dari itu, Riedl tidak menampik akan melakukan perubahan strategi pada pertandingan final leg kedua nanti.
"Formasi tentu berbeda. Okto absen dan Yongki kemungkinan tidak bisa diturunkan. Soal Markus, saya belum mengetahuinya," kata Riedl kepada wartawan di Lapangan C, Senin (27/12/2010). Mantan pelatih Laos itu tidak mau banyak komentar soal kekalahan timnya pada pertandingan kemarin. Dia hanya ingin memfokuskan Firman Utina dan kawan-kawan pada pertandingan nanti.
Sementara itu asisten pelatih, Wolfgang Pikal menegaskan, timnas Indonesia akan tampil maksimal dan tidak terkendala persoalan absennya Okto."Tanpa Okto, saya rasa nggak ada masalah. Kami sudah punya satu pemain yang tak kalah bagusnya. Arif Suyono merupakan pemain yang bagus. Jadi tidak ada persoalan," ujarnya pada wartawan di Hotel Sultan, Senin (27/12/2010).
"Kami memang kehilangan kesempatan besar kemarin. Kita tidak terlalu menganalisis penyebab kekalahan. Yang terpenting adalah mengembalikan mood para pemain agar dapat fokus bermain mengahadapi pertandingan nanti," tukas Alfred Riedl. "Bersyukur, mood pemain dalam kondisi baik saat ini. Kami hanya punya 24 jam tersisa. Kami fokus untuk pertandingan selanjutnya," lanjutnya.
Alfred Riedl juga mengatakan, jika Markus Horison masih mengalami cedera, maka tempatnya sebagai kiper utama Indonesia akan digantikan Ferry Rotinsulu. Riedl percaya, Ferry pasti sanggup mengemban tugas sebagai palang pintu terakhir "Tim Garuda". Markus Horison sedang mengalami cedera tulang dada kanan. Belum diketahui secara pasti apakah Markus akan fit atau tidak saat menghadapi Malaysia pada leg kedua final Piala AFF 2010, Rabu (29/12/2010).
Selain Markus, nama lain yang sedang cedera adalah Yongki Ari Bowo. Bedanya, jika Markus masih memiliki peluang untuk bermain di pertandingan final leg kedua nanti, Yongki sudah dipastikan absen. Posisi Yongki kemungkinan besar akan digantikan striker muda yang merupakan pemain naturalisasi timnas Indonesia, Irfan Bachdim.
penulis:Ferril Dennys, Jonathan Pandapotan;editor:Opung, Tri Wahono, Hery Prasetyo;foto:Banar Fil Ardhi

Comments

Popular posts from this blog

Profil Vitalia Sesha Model Di Kasus Suap Daging Impor - Tercanggih

Profile dan biodata Angkasa Band

Talent Pilihan SlideGossip : Andrean Saputra