Inilah 20 Grand Finalist HiLo Green Ambassador 2011

HiLo Green Ambassador 2011 adalah sebuah kompetisi modeling untuk menjadi Duta Lingkungan yang nantinya bersama HiLo akan menginspirasi masyarakat dalam meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan. Setelah melewati berbagai tahap kompetisi, akhirnya terpilih 20 besar Grand Finalist HiLo Green Ambassador (HGA) 2011.
Acara Malam Grand Final HiLo Green Ambassador 2011 akan berlangsung di Jakarta, tepatnya di XXI Ballroom Djakarta Theater Building pada hari Minggu, tanggal 24 Juli 2011. Acara ini akan disiarkan secara langsung (live) di stasiun TV Trans7 mulai pukul 20.30 WIB dengan host Ben Kasyafani dan Yuanita Kristiani. Malam Grand Final HiLo Green Ambassador 2011 juga akan diramaikan oleh bintang tamu seperti Vidi Aldiano, Rini Idol, Indah Dewi Pertiwi dan Duo Percussion.
Melalui kontes modelling ini, HiLo akan memilih sepasang Duta Lingkungan (laki-laki dan perempuan). Seperti dikutip dari situs resmi HiLo, selain uang tunai, pemenang HiLo Green Ambassador 2011 juga akan menjadi model packaging HiLo, mendapatkan kontrak eksklusif di Nutrifood Model Management, dan tentunya aktif berpartisipasi di program-program peduli lingkungan bersama HiLo.
Lalu apa saja kriteria yang dinilai untuk menjadi HiLo Green Ambassador 2011?
HiLo Green Ambassador 2011 diharuskan untuk: memiliki potensi menjadi public figure dan berkomitmen untuk bersama HiLo menginspirasi masyarakat luas untuk secara aktif mengambil bagian dalam usaha menjaga kelestarian lingkungan baik secara langsung maupun melalui social media seperti Facebook dan Twitter.
Berikut ini adalah 20 Grand Finalist HiLo Green Ambassador 2011
* Profil
10 Grand Finalist Pria HiLo Green Ambassador 2011:
1. Marco Devian
Wakil dari Jawa Barat 1
Profesi : Atlet Tennis
Tanggal lahir : 25 April 1989
"Love what you do and strive to be better everyday is the best life one can live." Dengan motto ini, Marco menjalani passion-nya untuk bergaya hidup sehat dan peduli lingkungan. Prestasi luar biasa pun sudah dicetaknya, satu diantaranya Marco pernah menjadi Juara I dalam kompetisi BlueGum Tennis Championship yang diraihnya saat ia menempuh studi di Australia. Kini, terpilih sebagai Grand Finalist HiLo Green Ambassador 2011, Marco Devian menjalankan passion besar dalam hidupnya di dunia lingkungan hidup. Wish him Luck!

2. James Winner
Wakil dari Sumatera Utara
Profesi : Diver
Tanggal lahir : 19 Juni 1985
Inilah titik awal romansa James dengan keindahan laut Indonesia yang eksotis. Passion ini telah membawa James, seorang backpacker kelahiran Medan, mengunjungi berbagai pantai dan diving site untuk menikmati keindahan alam bawah laut Indonesia. Passion ini pula yang membawanya prihatin terhadap kerusakan lingkungan, terutama perairan. Karya–karya besar dimulai dari langkah kecil. Sama halnya dengan pepatah itu, James mendalami passion-nya dan mulai melakukan konservasi terumbu karang yang menurutnya suatu langkah kecil, namun merupakan bentuk kepeduliannya dalam melindungi aset yang berharga bagi dunia kelautan Indonesia. Right on, James!

3. Pramesywara Adisendjaya 
Wakil dari DKI Jakarta
Profesi : MC (Master of Ceremony)
Tanggal lahir : 21 November 1987
Green Speaker? Ya, mungkin inilah gelar yang tepat disandang untuk Grand Finalist Pramesywara yang lebih akrab dipanggil Pram. Isu lingkungan pada awalnya bukanlah suatu hal yang familiar baginya. Namun akhirnya berubah menjadi suatu bentuk keprihatinan mendalam setelah Pram mengikuti berbagai seminar mengenai lingkungan. Berlatar belakang ilmu komunikasi dan pengalaman menjadi MC, menjadikan Pram sosok yang mampu mengampanyekan isu–isu lingkungan. Pram yakin bahwa untuk menciptakan lingkungan hidup yang baik harus dimulai dari diri sendiri, karena lingkungan yang sehat berawal dari gaya hidup pribadi yang sehat. Let’s start our green healthy living now!

4. Takoda Setiabudi
Wakil dari Banten
Profesi : Buyer
Tanggal lahir : 23 Mei 1990
Bila berada di bisnis ritel, bagaimana Anda berkontribusi untuk kelestarian lingkungan? Takoda, pria yang lahir dan besar di Rangkasbitung, Banten, menjawab tantangan ini dengan mengganti penggunaan plastik dengan reusable-bag yang lebih ramah lingkungan. Hobi modeling mempertemukan Takoda dengan banyak individu, dan memberikan akses kepada Takoda untuk menginspirasi gaya hidup hijau. Tidak berhenti di sini, kesempatan untuk menginspirasi di khalayak yang lebih luas pun disambutnya, hingga akhirnya terpilih sebagai Grand Finalist HiLo Green Ambassador 2011.

5. Angga Putranda
Wakil dari Sumatera Barat
Profesi : Sutradara Film Indie
Tanggal lahir : 28 Februari 1990
Meraih Piala Oscar untuk film bertemakan hijau? Bisa! Film merupakan suatu sarana edukasi efektif, termasuk di dalamnya edukasi green living. Itulah yang menjadikan Angga sosok yang inspiratif untuk mengampanyekan isu lingkungan kepada khalayak luas. Berpartisipasi dalam kampanye #GreenAir merupakan bentuk aktif usahanya dalam isu lingkungan bersama dengan para semifinalis HiLo Green Ambassador Jakarta lainnya. Berbekal kekayaan nilai-nilai kearifan lokal, pria yang pantang menyerah ini membulatkan tekadnya untuk membuat film dokumenter yang mengangkat isu lingkungan. Kita tunggu karyanya!

6. Muhammad Ferdyansyah
Wakil dari Jawa Barat 2
Profesi : Mahasiswa Jurusan Mikrobiologi
Tanggal lahir : 13 Oktober 1989
"Dari rumah, saya mulai belajar tentang lingkungan," ujar Ferdy. Seperti halnya karakter seseorang yang dipupuk dan ditanam di lingkungan keluarga, begitu pun halnya kecintaan terhadap lingkungan. Kedekatannya dengan alam terbuka membekas pada dirinya lewat kegiatan outbound yang sering ia lakukan. Prestasi di bidang Biologi pun diraihnya pada Olimpiade Biologi tingkat provinsi. Ketertarikan ini membawanya lebih lanjut menempuh pendidikan tingkat tinggi jurusan Mikrobiologi di ITB (Institut Teknologi Bandung). Kini, menjadi seorang Grand Finalist, Ferdy dipercaya untuk menginspirasi gaya hidup hijau ke banyak orang. Go Ferdy!

7. Angga Guslim
Wakil dari Sulawesi Utara
Profesi : Accesor ISO lingkungan
Tanggal lahir : 16 Maret
ISO 14001, merupakan senjata ampuh Guslim dalam menjaga kelestarian lingkungan. Pria berdarah Manado ini percaya, gaya hidup hijau telah membawanya ke berbagai aktivitas green yang diadakan oleh Greener Nation. Berlatar belakang Teknik Industri Universitas Trisakti, Guslim berupaya menciptakan lingkungan yang lebih hijau bersama HiLo.

8. Abdy Azwar
Wakil dari Sulawesi Tengah
Profesi : Vokalis Band
Tanggal lahir : 13 Februari 1992
'Save Our Planet', salah satu tembang yang suka dibawakan oleh Abdy, pria yang lahir dan besar di Palu ini. Tak hanya pandai menyanyi, kepiawaian Abdy dalam berbicara di depan umum telah membawanya mewakili Sulawesi Tengah di lomba pidato tingkat nasional dengan tema 'Clean Environment'. Beberapa kejuaraan pidato di daerahnya pun telah dimenangkan. Kini, sang vokalis dan orator ini siap mengkampanyekan isu–isu lingkungan sebagai Grand Finalist HiLo Green Ambassador 2011.

9. Costan Rumapea
Wakil dari Kalimantan Barat
Profesi : Mahasiswa Kedokteran
Satu lagi calon dokter hijau, Costan Rumapea, pria kelahiran Pontianak. Besar di Kalimantan Barat menjadikan Costan sosok yang kaya akan kearifan lokal, salah satunya kecintaan terhadap lingkungan. Didukung dengan kepribadian yang suka bergaul dan energik, serta passion-nya yang dalam, membawanya mencetak prestasi yang luar biasa. Costan menjadi delegasi Indonesia dalam Asia Afrika Youth Forum 2010, wakil Indonesia dalam Japan-East Asia Network of Exchange for Students and Youths, serta menjadi Duta Lingkungan Hidup untuk Provinsi Kalimantan Barat.

10. Ardi Putra
Wakil dari Jawa Timur
Profesi : Mahasiswa Hukum
Tanggal lahir : 9 Mei 1989
Green Law, satu ide yang Ardi cetuskan dalam audisi yang membawanya menjadi Grand Finalist HiLo Green Ambassador 2011. Pasalnya, pria kelahiran Malang ini memiliki background edukasi di bidang hukum. Keindahan alam yang dulu pernah ia rasakan saat masih kecil, memupuk kecintaannya kepada alam. Ardi juga turut terlibat aktif dalam kampanye "Malang Kota Bunga" pada Hari Lingkungan Hidup Sedunia Bersama HiLo Green Ambassador. Ia bertekad untuk dapat mewariskan keindahan dan kekayaan alam Indonesia kepada generasi selanjutnya.

* Profil 10 Grand Finalist Wanita (Perempuan) HiLo Green Ambassador 2011 :
1. Nina Septiani
Wakil dari Jawa Tengah
Profesi : Aktivis Hijabers
Go Green ala komedi? Pasti menarik dan menjadi hal yang berbeda dari biasanya. Itulah mimpi dari sosok wanita yang memiliki kepedulian terhadap lingkungan. Nina, yang besar di Cilacap, adalah wanita yang atraktif, suka bergaul, dan pandai. Tidak tanggung-tanggung predikat cum laude pun disandangnya. Bersama para Grand Finalist HiLo Green Ambassador 2011 lainnya, Nina telah melakukan kampanye dengan tema #GreenAir di Bundaran HI Jakarta. Melalui kampanyenya, Nina berharap dapat merangkul komunitas muslimah untuk ikut peduli juga dengan isu lingkungan.

2. Indah Anggraini
Wakil dari Sumatera Selatan
Profesi : Mahasiswi Hukum
Jika ada seseorang yang dapat bercerita banyak mengenai praktik rumah hijau dan pembuangan limbah pabrik di Negeri Sakura, Jepang, mungkin Indah lah orangnya. Kesempatan yang diperolehnya untuk berkunjung ke Negeri Sakura tersebut dimanfaatkan olehnya dengan baik untuk belajar. Wanita berdarah Palembang ini juga pernah menjadi finalis Duta Batik Jawa Barat. Masuk sebagai salah satu Grand Finalist, Indah memperoleh kesempatan yang lebih luas lagi untuk mengedukasi banyak orang mengenai lingkungan hidup.


3. Mariam Tania
Wakil dari Jawa Barat 1
Profesi : Arsitek
Tanggal lahir : 29 Oktober
Green architecture, merupakan sebuah ciri dari karya–karya Tania. Konsep ruang terbuka hijau dan penggunaan rain harvest tank menjadi satu elemen penting dalam konsep bangunannya. Inilah wujud kepedulian Tania pada lingkungan. Tak hanya itu, kepeduliannya terhadap sesama pun ditunjukkan dengan menjadi salah satu pendiri sekolah gratis untuk anak SD. Dengan motto "Winners never quit, quitters never win", Tania memastikan bahwa dia akan memberikan performa terbaik saat tampil di Grand Final HiLo Green Ambassador 2011.

4. Ayu Wulansari
Wakil dari DKI Jakarta
Profesi : Mahasiswi Kehutanan
Kecintaannya terhadap lingkungan membawa Ayu ke cabang ilmu yang diambilnya di IPB (Institut Pertanian Bogor), Konservasi Sumber Daya Hutan dan Ekowisata. Belajar mengenai pentingnya menjaga kelestarian hutan, Ayu menyadari perlunya tindakan nyata untuk menjaga lingkungan. Digabungkan dengan kemampuan entrepreneur-nya, Ayu melakukan pencarian dana untuk aktivitas green melalui penjualan 'batik kreasi'. Ayu siap berkarya lebih banyak sebagai Grand Finalist HiLo Green Ambassador 2011.

 5. Winda Nur Adli
Wakil dari Banten
Profesi : Mahasiswi Sastra Jerman
Layaknya seorang sastrawan, Winda mewujudkan kecintaannya terhadap lingkungan dalam tulisan–tulisannya. #EcoFashion, #GreenCooking, dan #GreenPort, tiga tema yang pernah ia tulis dalam social media. Hal tersebut memberikan perspektif baru dalam konsep green yang dekat dengan keseharian kita. Winda yang besar di Banten ini masih menempuh pendidikannya di fakultas Sastra Jerman Universitas Indonesia. Kita tunggu karya-karya lain yang akan Winda berikan untuk lingkungan.

6. Nandha Nurita
Wakil dari Jawa Barat 1
Profesi : Peneliti Lingkungan
Tanggal lahir : 15 Januari 1989
Menyadari pentingnya menjaga lingkungan, Nanda terpanggil untuk mendalami passion-nya sebagai mahasiswi Teknik Lingkungan. Alhasil, sederet kegiatan bertema lingkungan telah Nanda jalani, diantaranya tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan ITENAS, aksi penanaman 1.000 pohon, tergabung dalam gerakan sungai biru, kampanye anti kantong plastik, serta pelopor gerakan anti hujan asam. Passion-nya terhadap lingkungan membuahkan anugerah dana penelitian yang berhubungan dengan water treatment dari Belanda. Kini, Nanda terpanggil menginspirasi gaya hidup hijau lebih luas lagi bersama HiLo. You go, girl!

7. Bella Carlina
Wakil dari Jawa Timur
Profesi : Model
Tanggal lahir : 9 Oktober 1991
Menjadi model yang peduli terhadap lingkungan? Bella adalah bukti nyatanya. Kecantikan telah membawanya memenangkan berbagai kontes model, dan kepedulian terhadap lingkungan membawa Bella ikut berpartisipasi di HiLo Green Ambassador 2011. Bella mengampanyekan kehidupan green mulai dari orang–orang sekitarnya, sampai ke tingkat kampusnya sebagai seorang anggota Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM). Kini, saatnya Bella untuk menginspirasi lebih banyak orang mengenai gaya hidup hijau bersama HiLo.

8. Anindhita Indira
Wakil dari Maluku
Profesi : Relawan WWF
Tanggal lahir : 15 Oktober 1990
Kecintaannya terhadap lingkungan diwujudnyatakan dengan mengikuti HiLo Green Ambassador 2011. Indy, wanita berdarah Ambon ini, juga pernah menjadi volunteer junior conservasionist bersama salah satu organisasi lingkungan terbesar di dunia yaitu WWF (World Wildlife Fund). Dengan ilmu komunikasi yang ia pelajari selama kuliah, ia yakin dapat membagi pengalaman berharganya serta menginspirasi gaya hidup hijau.

9. Rizka Faizah
Wakil dari DI Yogyakarta
Profesi : Aktivis Hutan Bakau
Usia menunjukkan ia lah yang paling muda di antara Grand Finalist lainnya, Rizka, yang akrab disapa Caca, baru saja lulus dari bangku SMA dan melanjutkan studinya di Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Meski masih belia, ia memiliki kecintaan lingkungan yang tak kalah dari yang lain, terutama di bidang perairan. Bersama teman-teman SMA nya, Caca aktif berkampanye dan turun langsung dalam usaha penanaman mangrove di Pantai Tugu Semarang. Ia yakin dengan menjaga hutan mangrove berarti menyelamatkan hak hidup dan tempat tinggal tumbuhan dan binatang di area mangrove serta mencegah proses abrasi.

10. Diana Murtiati
Wakil dari Papua
Profesi : Dokter
Tanggal lahir : 17 Februari
Hijau itu sehat! Hal tersebut dibuktikan oleh Diana, Grand Finalist yang lahir dan besar di Papua. Profesinya sebagai dokter muda memberi ia kesempatan untuk mengedukasi masyarakat melalui sisi medis dengan bekal motto "lingkungan yang sehat dimulai dari jiwa raga yang sehat", maupun melalui sesuatu yang fun seperti #GombalGreen di Twitter. Dengan HiLo Green Ambassador, Diana berharap dapat berkontribusi dalam mengajak masyarakat untuk peduli lingkungan demi hidup yang lebih sehat.
(Opung);foto:situs resmi HiLo

Comments

Popular posts from this blog

Profil Vitalia Sesha Model Di Kasus Suap Daging Impor - Tercanggih

Profile dan biodata Angkasa Band

Talent Pilihan SlideGossip : Andrean Saputra