Biodata Sule - Pedagang Ayam Goreng yang Jadi Milyarder


Jika masyarakat ditanya mengenai biografi Sule pada tahun 2004, mungkin tidak akan ada yang tahu. Namun beda halnya sekarang, anak umur 4 tahun juga akan tahu siapa itu Sule. Entis Sutisna memang mulai menekuni dunia lawak professional pada tahun 2007, tepatnya mulai dikenal public pada tahun tersebut. Lahir di Cimahi, Jawa Barat pada 15 November 1976, pemilik slogan “prikitiew” ini merupakan salah satu bukti nyata dari perjuangan menuju kesuksesan. Sebelum terkenal seperti sekarang, ia adalah seorang anak pedagang bakso yang hidup sulit. Tinggal di rumah kontrakan dengan penghasilan pas-pas an membuatnya semakin kuat dalam berjuang.


Pada tahun 1997 dia menikah dengan Lina, istrinya yang hingga sekarang sudah memberinya 4 orang anak. rumah tangga mereka pernah tergoyang isu orang ketiga dari pihak Sule, namun Lina tetap setia dan percaya pada suaminya karena menurutnya, wanita mana sih yang sekarang tidak mau sama Sule, dengan penghasilannya yang berlimpah, ia juga tahu bahwa suaminya sangat dekat dengan gossip.
Sule dan Lina memang tinggal terpisah. Sule berada di Jakarta sementara Lina tinggal di Bandung bersama anak-anaknya.




Perjalanan Karir Sule
Awal karirnya. Sule lebih sering menyanyi daripada melawak. Karakter vokalnya yang memang enak didengar membuat orang-orang terhibur. Ditambah ia suka menari, penampilan dan tingkah lakunya yang membuat orang tertawa, sehingga ketika ia menyanyi, penonton lebih melihat ia sebagai pelawak dibandingkan menyanyi. Sewaktu kecil ia bercita-cita menjadi pembawa acara berita. Kini cita-cita itu tercapai, karena Sule sudah menjadi presenter, walaupun bukan presenter berita.

Berbekal nekat, akhirnya Alumnus STSI Bandung ini mulai mencoba peruntungan ke Jakarta. Ia membawa doa keluarganya dengan bakat menari yang digemarinya sedari kecil. Di Jakarta, ia berkelana dari satu tempat ke tempat lainnya mencari rejeki.

Sule yang pernah dibimbing pelawak senior Kang Ibing ini sudah memiliki bakat melawak sejak kelas 3 SD. Kala itu Sule kecil sering tampil di acara Agustusan. Karakter Sule yang kuat dan kreatif membuat penampilannya disukai penonton. Karena itu, penampilannya mendapat apresiasi yang positif saat dia mengikuti audisi Audisi Pelawak TPI 1 tahun 2005, bersama dua rekannya Ogi Suwarna dan Obin Wahyudin. Mereka menjadi juara pertama dalam kontes tersebut, dan mulai terbukalah pintu sukses bagi Sule.

Selepas dari API, Sule mulai muncul di layar kaca. Hanya butuh waktu setahun baginya untuk mengokohkan namanya di dunia entertainment. Ia berduet dengan selebriti di acara Superstar Show dan memenangkan juara pertama dengan hadiah sebuah mobil.

Tahun keemasan Sule dimulai dari tahun 2009. Acara Overa Van Java yang mulai ditayangkan tahun 2008, membuat namanya makin bersinar hingga tahun 2012 sekarang ini. acara ini merupakan acara yang membuat namanya melejit, hingga akhirnya membuatnya mempunyai beberapa acara dengan judul namanya sendiri, seperti Awas Ada Sule seperti Untung Ada Sule. Selain itu, beberapa acara yang diisi oleh Sule adalah Komedi Putar di TPI, Pas Mantab, Opera Anak. ada pula judul film yang dibintanginya seperti Arwah Kuntilanak Duyung, When Sule met Sulis, Sule Ay Need You dan Dadang Dudung.

Bakat nyanyinya juga mulai tersalurkan sejak ia terkenal. Tercatat ada sekitar 10 single yang ia keluarkan bersama teman-temannya. Kebanyakan berupa single parody bersama rekan-rekannya di OVJ seperti Susis, Bibirmu Dower, Andeca Andeci dan Potong Bebek Angsa.

Lalu, dengan sederet acara televise dan juga lagu, apakah Sule ada penghargaan?
Biografi Sule mencatat setidaknya ada 4 award yang ia sabet selama menjadi pelawak, yaitu: Panasonic Gobel Award 2011, Indonesia Kids Choice Award 2011, Panas Dingin Awards dan Indonesia Kid Choice Award 2012. semuanya untuk kategori Komedian Terfavorit.

Dengan semua karir diatas, berapa penghasilan Sule?
dari Kompas disebutkan bahwa penghasilannya mencapai Rp 1 miliar setiap bulannya.Penghasilan ini ia dapat dari banyak syuting, seperti iklan, sinetron, acara televisi, terutama Opera van java. Dari acara ini, sekali tampil Sule memperoleh penghasilan Rp 50 juta atau naik dibanding sebelumnya yang Rp 20 juta-Rp 40 juta.


referensi: wikipedia, Kompas, kapanlagi
photo: goolge


Comments

Popular posts from this blog

Profil Vitalia Sesha Model Di Kasus Suap Daging Impor - Tercanggih

Profile dan biodata Angkasa Band

Talent Pilihan SlideGossip : Andrean Saputra