Apr 28, 2012

Informasi Biografi: Biografi Amy Lee - Vokalis Evanescence


Amy Lynn Hatzler atau Amy Lee di lahirkan di Riverside, California, 13 Desember 1981, Lee lahir dari pasangan John Lee, seorang disk jockey & TV Personality, dan Sara Cargill. Dia mempunyai satu saudara laki-laki, Robby, dan dua saudara perempuan, Carrie dan Lori. Lee mempunyai saudara perempuan ketiga. yang mati di tahun 1987 saat berumur tiga tahun dari penyakit yang tidak diketahui. Lagu “Hello” dari album Fallen dikabarkan ditulis untuk adik perempuannya, dan lagu “Like You” dari album The Open Door dengan lirik, “I long to be like you, sis, Lie cold in the ground like you did,” juga menunjukkan kematian adiknya dan rasa kesedihannya untuk adiknya. Lee mempelajari piano klasik selama sembilan tahun. Keluarganya berpindah-pindah kebeberapa tempat, termasuk Florida dan Illinois, tapi akhirnya menetap di Little Rock, Arkansas, dimana Evanescence dimulai.

Dia lulus dari Pulaski Academy di tahun 2000 dan juga sempat mengikuti dengan singkat Middle Tennessee State University. Dia membentuk bandnya dengan Ben Moody. Mereka berdua bertemu di Youth Camp ketika Lee memainkan “I’d Do Anything for Love (but I Won’t Do That)” karangan Meat Loaf di piano. Selama setahun, mereka berdua bermain akustik di took buku Arkansas dan kedai kopi sebelum mereka merekam dua EP, Evanescence EP (di tahun 1998) lalu Sound Asleep EP yang juga dikenal dengan nama Whisper EP (di tahun 1999). Di tahun 2000, Evanescence merekam EP yang lebih panjang, Origin. Demo ini terdapat tiga lagu dari album Fallen dan ditulis oleh Lee dan Moody: “Whisper”, “Imaginary”, dan “My Immortal”.

Pada tahun 2003 Evanescence membuat album utama pertama mereka, Fallen. Album ini sudah mendapatkan penghargaan 6x Platinum, dan berada selama 43 minggu pada Billboard Top 10. Lalu lebih dari 12 juta eksemplar album ini laku terjual. Single Evanescence utama yang pertama; "Bring Me to Life" merupakan sebuah dobrakan dunia bagi band ini dan mencapai urutan ke-5 pada Billboard Hot 100 di Amerika Serikat, sementara "My Immortal" yang sama-sama populer mencapai urutan ke-7 di AS. Lalu dimasukkannya lagu-lagu ini dalam soundtrack film Daredevil menolong mereka menjadi populer dan membuat posisi mereka di dunia musik menjadi kokoh.

Lalu single "Bring Me to Life" juga mendapatkan pengakuan untuk band ini pada Grammy Awards of 2004, di mana band ini diberi penghargaan Grammy Award for Best Hard Rock Performance. Pada waktu yang sama, Evanescence juga diberi penghargaan Grammy Award for Best New Artist. Dua single dari album Fallen yang dirilis termasuk "Going Under" dan "Everybody's Fool", yang juga dibuatkan video klip.

Tanggal 22 Oktober 2003, gitaris Ben Moody meninggalkan band dengan alasan "perbedaan secara kreatif". Pada saat interview beberapa bulan kemudian, Amy berkata: "Kami mencapai suatu titik di mana jika tidak sesuatu halpun berubah, kami tidak akan bisa membuat album kedua". Mantan gitaris Cold, Terry Balsamo menggantikan Moody di band, sekaligus menjadi teman menulis (lagu) Amy.


Anywhere But Home dirilis pada tahun 2004 pada format DVD/CD. DVD ini merupakan rekaman dari pertunjukan mereka di Paris beserta beberapa fitur di belakang panggung, seperti penandatanganan CD dan warming up. CD-nya sendiri berisi beberapa lagu yang sebelumnya belum pernah dirilis seperti "Missing", "Breathe No More" (dari film Elektra) dan "Farther Away". Lalu dalam CD ini terdapat pula lagu cover Korn "Thoughtless" yang pernah mereka mainkan pada beberapa pertunjukan live.

Lee mengerjakan tema pembuka dari film The Chronicles of Narnia: The Lion, the Witch and the Wardrobe dan menulis beberapa lagu untuk film tersebut, tapi lagunya ditolak karena terlalu "gelap dan bersifat epos". Namun, Lee telah mengatakan penolakan lagunya adalah "merupakan bahan yang menarik untuk album baru kita".

Saat mengisi acara Live @ Much di sesi MuchMusic pada 9 Januari 2007, Amy membeberkan bahwa dia telah bertunangan malam sebelumnya. Dia lalu memberi konfirmasi pada EvThreads.com bahwa dia telah dilamar oleh Josh Hartzler (29 tahun), teman lamanya yang bekerja sebagai terapis. Lee menyatakan saat wawancara bahwa lagu “Good Enough” dan “Bring Me to Life” terinspirasi dari Josh Hartzler. Mereka menikah pada tanggal 6 Mei 2007, dan berbulan madu di dekat Bahamas. Lee telah mengeposkan bahwa dia sekarang adalah Nyonya Amy Hartzler di forum EvThreads.com.

Lee terkenal dengan nuansa neo gothic, karena sering menggunakan dandanan gothic dan selera akan pakaian yang bergaya victorian. Dia jua mendesain pakaiannya sendiri, termasuk yang dia kenakan di video musik “Going Under”, dan pakaian yang ia kenakan saat Grammy Awards 2004. Setelah dia mendesainnya dia memilih desainer Jepang H. Naoto untuk membuatnya. Di konser, dia sering memakai korset dan fishnets, juga rok panjang dan sepatu boot tinggi. Dia mempunyai piercing (tindik) di alis kirinya yang tampak di kover album Fallen.

ALBUM
Evanescence EP (1998)Sound Asleep EP (1999)Origin (2000)Mystary EP (2003)Fallen (2003)Anywhere But Home (2004)The Open Door (2006)

Referensi :

- http://id.wikipedia.org/wiki/Amy_Lee
------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Kumpulan Biografi Tokoh Terkenal dan Tokoh Indonesia Lengkap www.kolom-biografi.blogspot.com
------------------------------------------------------------------------------------------------------------

No comments:

Post a Comment